Sejumlah Tim dari Kecamatan Lenteng saat melakukan evaluasi terhadap kegiatan di Desa Moncek timur

Sumenep,RPN-Sebagai upaya meningkatkan kemampuan, potensi dan tata kelola Dana Desa (DD) dan sumber daya yang ada di Desa Moncek timur, Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep menggelar Monitoring dan Evaluasi (Monev) pada Rabu (29 November 2023).

Selain Camat Lenteng, Ir Supardi MM tampak pula hadir beberapa jajaran struktural Kecamatan bersama Pendamping Desa dan Kecamatan dan diterima langsung pula oleh Kades Moncek timur, Ruji S.Sos., beserta jajaran Pemdes dan BPD setempat.

Kades Moncek timur, Ruji S.Sos., mengatakan bahwa pihaknya mengapresiasi atas Monev dari Kecamatan Lenteng. Dimana, menurutnya lewat kegiatan tersebut segala arah kebijakan dan keputusan yang diambil oleh Pemdes yang dipimpinnya tersebut pastinya akan lebih baik.

“Pentingnya Monitoring dan Evaluasi sebagai langkah dan upaya agar sesuai peruntukannya, termasuk pelaporan pertanggungjawabannya terhadap Tata kelola Dana Desa (DD) dan program yang ada di desa,” terangnya.

Sehingga, selain dapat mengedukasi jajaran struktural Pemdes juga hal ini untuk meminimalisir dan mencegah terhadap kegiatan yang fiktif.

Selain Makadam, Tambal sulam termasuk Tembok Penahan Tanah (TPT) yang ada di desa Moncek timur menjadi objek Monev dari Kecamatan Lenteng ini. Hal tersebut terbukti dengan beberapa petugas yang sedang mengukur dan melihat kualitas dilokasi kegiatan.

“Ya, Transparansi dalam sistem pemerintahan ini sangat penting. Oleh sebab itu, langkah nyata seperti ini cukup baik.” Tukasnya.

Sementara Camat Lenteng, Ir Supardi MM., menuturkan bahwa kedatangan pihaknya ke Desa Moncek timur tersebut sebagai langkah dan upaya untuk memaksimalkan anggaran dana desa serta pemanfaatannya kepada desa dan masyarakatnya.

“Ini kita untuk melihat realisasi APBDes tahun 2023, karena saat ini kita sudah masuk pada triwulan terakhir,” ungkap Supardi.

Baca Juga :  Antisipasi Tindak Kejahatan, Polsek Banjarejo Polres Blora Patroli Pasar

Oleh karena itu, pihaknya juga melihat kegiatan dan perencanaan tahun 2024 yang dilaksanakan oleh Pemdes Moncek timur. Karena menurut Camat Lenteng nantinya RAPBDes akan disesuaikan dengan Permendes yang baru.

“Sekarang adalah sudah masuk kepada RAPBDes, di RAPBDes nanti akan kita lihat, cek dan sesuaikan dengan Permendes yang baru baru turun 15 hari sebelum hari ini. Kita sudah sosialisasikan kemarin terutama untuk bendahara dan sekdes karena yang lebih awal itu.” Tutup Supardi.
(Zain)

 12 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of