SIDOARJO,RPN – Inovasi diharapkan terus tumbuh berkembang di tiap desa, dengan tujuan untuk meningkatkan pendapatan asli desa (PAD). Upaya tersebut telah dilakukan oleh Pemdes Tambak Cemandi, Kecamatan Sedati dengan membuka wahana wisata baru berupa Cafe Kalitekung sekaligus wisata susur sungai.

Kegiatan peresmian tersebut dihadiri Wabub Sidoarjo H.Subandi, SH, dengan didampingi Forpimka Sedati dan paguyuban kepala desa se-Kecamatan Sedati serta dimeriahkan oleh orkes New Barra (27/11).

Menurut kepala desa Tambak Cemandi, H.Khoiruddin, dengan adanya tempat wisata berupa cafe di tempatnya, diharapkan akan ada peningkatan pendapatan asli desa.

“ Selama ini café-café hanya ditemukan di kota-kota besar, namun kali ini kita gagas lokasinya berada di dekat lokasi pemancingan Desa Tambak Cemandi. Adapun wahana yang disajikan ada dua, pertama kuliner khas Desa Tambak Cemandi seperti bandeng cabut duri dan yang kedua wisata susur sungai dengan menggunakan perahu motor. Harapannya adalah, adanya peningkatan pendapatan asli desa serta menyerap tenaga kerja yang saat ini terdapat kurang lebih 50 orang,” kata Khoiruddin.

Camat Sedati Drs. Abu Dardak S.Sos M.Si, dalam sambutannya juga mendorong kepada desa-desa di sepanjang pesisir Kecamatan Sedati untuk berlomba-lomba membuat inovasi desa wisata.

“ Wilayah pesisir Kecamatan Sedati terbentang luas mulai dari Desa Segoro Tambak hingga Desa Buncitan, semuanya memiliki karakter masing-masing, oleh karena itu saya juga mengajak kepada BPD agar menjalin sinergitas dengan Pemdes masing-masing untuk terus menggali potensi desa,” kata Dardak.

Wabup Subandi, SH juga dalam arahannya mengajak kepada semua pemdes untuk memanfaatkan betul dana BK secara maksimal.

“ Dengan adanya dana BK, baik dari Pemkab maupun DPRD, saya mengajak kepada semua pemdes untuk memaksimalkan keberadaan BUMDES agar bisa mendongkrak PAD, dan bukan hanya bisa membangun saja, tetapi yang lebih penting adalah kesinambungannya untuk terus berinovasi demi mensejahterakan warga desa,” ujar Subandi yang juga mantan kepala desa Pabean ini.(rizki)

 12 total views,  1 views today

Baca Juga :  Komunitas Sosial Istiqomah Peduli Pemulung

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of