Sidoarjo,RPN – Sekitar puluhan insan pers yang tergabung dalam beberapa organisasi kewartawanan seperti PWI, KWRI, Forwas dan AJS, mengikuti bimtek yang diselenggarakan oleh KPUD Sidoarjo (25/11).

Hadir sebagai narasumber dari KPUD Jatim, M Habiburohman dan Fauzan. Ketua KPUD Sidoarjo, M Iskak,SE dalam sambutannya berharap, insan pers dapat ikut berpartisipasi dalam mensukseskan pesta demokrasi lima tahunan.

“ Peran pers diharapkan dapat memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai arti pentingnya Pemilu bagi bangsa ini ke depannya, pers dapat memberikan informasi secara faktual untuk menangkal berita-berita hoax di tengah masyarakat, sehingga kegiatan Pemilu sehat dapat terwujud sebagai salah satu syarat dalam kehidupan berdemokrasi yang dilandaskan pada konstitusi,” ujar Iskak.

Hal serupa disampaikan, Sekretaris KPUD Jatim, Habiburohman, yang berharap, pers dapat ikut membangun pemilu sehat melalui literasi kepada masyarakat luas.

“ Peran pers dalam menyongsong Pemilu 2024 sangatlah dibutuhkan, agar kegiatan pesta demokrasi nantinya dapat berjalan sesuai aturan main yang berlaku, sebab tidak tertutup kemungkinan dalam Pemilu, ada beberapa kecurangan-kecurangan yang dilakukan, baik oleh penyelenggara maupun kontestan, seperti masalah penggelembungan suara, dugaan money politik, maupun pelanggaran-pelanggaran lain, untuk itu pers juga diminta jeli menangkap hal-hal tersebut,” jelas Habib.

Habib menambahkan, dalam pelaksanaan Pemilu 2024 nanti, hak pilih juga akan diberikan pada penyandang disabilitas maupun narapidana yang ada di Lapas.

“ Pemilu 2024 ke depan juga mengedepankan aspek humanis dengan mengikutsertakan penyandang disablitas yang nantinya akan dipandu oleh KPPS dan juga termasuk para penghuni Lapas,karena itu juga termasuk yang kita lindungi hak pilihnya,” jelas Habib.

Kegiatan yang dikemas dengan diskusi santai tersebut berlangsung hingga pukul 11.00, para peserta melontarkan beberapa temuan-temuan seputar pelaksanaan Pemilu, seperti kasus mark up suara serta penggunaan tempat ibadah sebagai tempat untuk berkampanye.(rizki)

 9 total views,  1 views today

Baca Juga :  Bupati Purwakarta Lantik Lima Kepala Dinas (Kadis)Baru

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of