Kabupaten Blitar,RPN – Sumur Mber atau yang juga populer dengan sebutan sumber kandangan ini merupakan sebuah air sumber dengan debit yang cukup besar sehingga dibuatlah sebuah kolam di sekitar sumber air tersebut, kemudian kini menjadi pemandian / kolam renang alami yang cukup menarik untuk dikunjungi. Terletak di Desa Kandangan kecamatan Srengat membuat tempat ini diberi nama sumber kandangan.

Jika dibandingkan dengan sumber dandang yang ada di sekitar kawasan rambut monte, luas dan dalam sumber kandangan ini tidak ada apa-apanya, karena luasnya kurang dari 30 meter persegi dengan kedalaman sekitar 1.5 meter. Air jernih yang selalu mengalir dengan ikan-ikan kecil di dalam kolam memberikan sensasi tersendiri untuk para pengunjung. Bahkan apabila hanya berdiam diri, ikan-ikan kecil akan mengerumuni dan memakan sel kulit mati yang ada di badan. Berasa terapi ikan.
Sumber kandangan cukup ramai, karena jaraknya yang tidak terlalu jauh dari perkotaan dan sangat cocok untuk mengajak anak-anak kecil belajar berenang sambil bermain air. Terdapat ruang ganti, toilet dan warkop di sekitar lokasi ini. Kolam pemandian alami tanpa campuran kaporit ini berada di bawah pohon besar, sehingga meskipun siang terik pengunjung tidak akan merasa kepanasan karena pohon yang menaunginya, justru merasakan kesejukan yang tak terkira.
Apalagi yang mau belajar berenang atau mandi di sini. Cukup membayar parkir kendaraan saja. Selain itu fasilitas kamar mandi dan ruang ganti juga sudah tersedia lumayan baik meski kurang besar.
Disamping menyajikan sumber alami untuk berenang, di tempat ini disajikan juga kuliner yang enak dan murah.
Dengan membayar tiket sebesar 5000 rupiah, sudah termasuk biaya parkir, tempat wisata Sumur Amber mampu menunjukan pesonanya.

Baca Juga :  Lestarikan Budaya Polres Ponorogo Beri Pelatihan Reog kepada Anak - anak Tunanetra

Pada hari Sabtu dan Minggu, tidak kurang dari 500 wisatawan berkunjung ke tempat ini, baik wisatawan lokal maupun dari luar daerah.
Selain itu, wisata Sumur Amber juga menawarkan booking untuk acara khusus.
Kades Kandangan Wahyu Eko Nurdianto saat ditemui dikantornya pada Senin (21/11) menjelaskan, bahwa wisata ini dibangun untuk membangkitkan ekonomi kreatif warga, sehingga warga sekitarnya juga mampu meningkatkan kesejahteraannya.
Selain itu, Pendapatan Asli Desa (PAD) juga bertambah. Pihaknya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua komponen, yang telah mendukung dan berpartisipasi atas suksesnya pembangunan destinasi wisata Sumur Amber ini, kususnya warga sekitar dan secara umum kepada seluruh warga Desa Kandangan. (Tut)

 10 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of