Jepara,RPN – Pondok Pesanten Al Buruj Jepara adalah di antara Pesantren yang memiliki MOU dengan International University Of Africa (IUA) Khartoum Sudan sehingga setiap tahunnya bisa mengirim santrinya untuk kuliah beasiswa di universitas ini.

Pengasuh Pondok Pesantren Al Buruj yang juga Sekjen Ikatan Alumni Sudan, Ustadz Abdul Baits Muhtar, LC, MA, menerangkan bahwa mahasiswa yang melakukan studi di IUA Sudan ini berasal dari 86 negara dari seluruh dunia. Sedangkan mahasiswa dari Indonesia jumlahnya ada sekitar 1500 orang, namun setelah Covid-19 ini jumlahnya turun drastis.
Santri Alburuj yang dikirim ke IUA Sudan rata-rata pertahunnya antara 4 hingga 7 orang dengan seleksi ketat sejak 2016, sehingga jumlah mahasiswa Alburuj yang sekarang sedang belajar disana ada sekitar 40 orang ” ujar Ustadz Abdul Baits Muhtar.

Ustadz Baits menerangkan jika di IUA terdapat 22 Fakultas. Dan di masing-masing fakultas terdapat 3-4 program studi. “semua mahasiswa yang akan belajar di IUA wajib menghafal Al Qur’an. Disana juga ada KKN di pelosok desa yang berlangsung selama 3 minggu. Apabila mahasiswa bisa lulus dengan nilai sempurna atau cumlaude, maka secara langsung bisa mendapat beasiswa pasca atau doctoral di universitas yang sama” tutur Ustad Abdul Baits.

Tahun 2022 ini, Pesantren Alburuj mengirim 4 santri pilihannya yaitu Lucky Adzan Ashari dari Jepara, Abdul Fattah dari Kupulauan Selayar Sulawesi, Ahmad Rifai dari Kepulauan Bonerate Sulawesi dan Shofiyur Rahman Fauzan dari Depok Jawa Barat. Dan pada tahun ini pihak IUA belum menerima mahasiswa lain dari Indonesia kecuali dari Alburuj, namun akan dibuka kesempatan pada tahun 2023 nanti” tegasnya. ( Udin / Diana )

 19 total views,  1 views today

Baca Juga :  SATPOL PP Kabupaten Jombang Gelar Sosialisasi Gempur Rokok Ilegal Gandeng Kesenian Ludruk

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of