KABUPATEN BLITAR,RPN – Pemerintah Desa Pasirharjo, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar menyerahkan bantuan Program Ketahanan Pangan dari Dana Desa tahun 2022, Rabu (05/10/2022). Bantuan berupa alat-alat pertanian serta bibit tanaman.

Ada lima Kelompok Wanita Tani (KWT) yang menerima bantuam tersebut. Yaitu KWT Nusa Indah, PKK Sejati, Loh Jinawi, Sri Rejeki, dan Iman. Dalam kesempatan ini dihadiri secara langsung oleh Camat Talun, pendamping desa, lembaga desa, mantri tani, PPL, dan kelompok yang menadapat bantuan tersebut.

Kepala Desa Pasirharjo, Chusana Churori mengatakan, bantuan alat pertanian yang diberikan seperti semprot besar maupun kecil, arco, cangkul, serta beberapa peralatan pertanian lainnya. Sedangkan bantuan bibit tidak hanya sayur mayur, tetapi juga toga.

“Penyerahan dilakukan kemarin di Kantor Desa Pasirharjo. Setiap KWT mendapat satu set bantuan, berupa alat pertanian dan bibit tanaman,” katanya, Kamis (06/10/2022).

Chusana berharap dengan adanya alat-alat dan bibit tersebut KWT bisa menjadi berkembang. Minimal mereka akan menaman di pekarangan sekitar rumah, sehingga menjadi pangan lestari.

“Jadi kebutuhan makanan, sayur mayur, cukup dari sekitarnya. Dan manakala lebih bisa dijual, sehingga bisa menambah ekonomi keluarga,” ujarnya.

Chusana menambahkan dengan semangat kebersamaan kelompok tani dapat menjadikan kelompok untuk berkumpul, misalnya di arisan. Sehingga kebersamaan dikingkungan masyarakat erat dan terjaga. “Semoga KWT berjalan lancar atas bimbingan dari mantri tani maupun penyuluh pertanian,” harapnya. (Tut)

 14 total views,  1 views today

Baca Juga :  Wakil Bupati Hadiri Panggung Pitulasan Kecamatan Kamal, Dorong Potensi Lokal di Kabupaten Bangkalan

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of