Sumenep,RPN-Dalam rangka mempererat silaturahim dan meningkatkan ukhuwah Islamiyyah, RT/RW 005/010 Perumahan Sumekar, Desa Kolor, Kecamatan Kota Sumenep, Gelar Halal Bihalal, pada Sabtu malam,21 Mei 2022.

Kebiasaan tahunan sebagai ajang yang bertujuan untuk menjalin silaturahmi dengan saling memaafkan yang biasa dilakukan pasca Lebaran ini merupakan tradisi yang berkembang di kalangan masyarakat Islam Indonesia.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Anggota dari Komisi II DPRD kabupaten Sumenep, Musahwi,A.Ma., Ketua RT/RW 05/10, Zainullah,. Jajaran pengurus dan Anggota RT dan PKK serta tamu undangan.

Ketua RT/RW 05/10 Zainullah, dalam sambutannya mengatakan sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan acara Halal Bihalal.

“Saya sebagai ketua RT/RW 005/010 sangat berterimakasih atas semua partisipasi semua warga atas terselenggaranya acara ini. Semoga amal kebaikan bapak ibu sekalian senantiasa diterima oleh Allah SWT,” kata Zainullah, pada Sabtu 21 Mei 2022.

“Semoga pertemuan Halal bihalal yang begitu mulia ini, Kerukunan dan Silaturahmi antar warga tergapai. Karena, tidak mungkin kita silaturahim satu demi satu karena sibuk dengan acara sendiri bersama keluarga,” tambahnya

Ditempat yang sama, Anggota DPRD dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Musahwi,A.Ma, menyampaikan awal mula Istilah Halal Bihalal tersebut dari Kiai Abdul Wahab Chasbullah, di era Pemerintahan Soekarno.

Menurut Musahwi, Kiai Abdul Wahab Chasbullah, dia adalah salah seorang tokoh Nahdlatul Ulama(NU) dimasanya. Dimana sekitar pada tahun 1948 tersebut kala Indonesia baru berdiri dan dilanda gejala disintegrasi bangsa. Di mana banyak perseteruan di antara elit politik.

“Dari permasalahan tersebut, muncullah ide dari Kiai Wahab untuk membuat acara halal bihalal. Menurutnya, Para politisi bisa diberi pengertian bahwa sikap saling menyalahkan di antara mereka itu adalah sesuatu yang salah dan haram. Karena haram, maka harus dibuat halal dengan cara saling bertemu, duduk satu meja, dan saling memaafkan,” kata Musahwi

Baca Juga :  Luar Biasa Kakak Adik Putra Kapolsek Semen Polres Kediri Kota Harumkan Nama Indonesia Dalam Istanbul Youth Summit 2022

“Acara ini kemudian dilanjutkan oleh instansi-instansi pemerintah di bawah kekuasaan Bung Karno. Sementara di kalangan masyarakat, halal bihalal dipopulerkan oleh Kiai Abdul Wahab,” tambahnya

Di akhir penyampaiannya, Mantan Modin desa Kolor pada masa sebelumnya mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kerukunan antar warga demi tercapainya ketentraman dan stabilitas keamanan dan kenyamanan

“Ayo, kepada saudara-saudara yang hadir dalam pertemuan ini, jangan sampaikan bertengkar dan sampai lama sekali untuk tegur sapa satu sama lainnya. Segera selesaikan permasalahan, maka Allah SWT akan menambah kenikmatan kita, baik berupa nikmat persaudaraan dan indahnya Bertetangga,” harapnya. (Zain)

 14 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of