SEMARANG, RPN – “Mudah – mudahan dengan keberagaman yang menjadi kekuatan Kita ini Mangunharjo selalu top markotop untuk Semarang yang semakin hebat”, kata Dr. H. Hendrar Prihadi, SE, MM Walikota Semarang dalam acara Pencanangan Kampung Pancasila di RW 04 Kelurahan Mangunharjo Kecamatan Tembalang Semarang.

Lebih lanjut Mas Hendi , panggilan akrab walikota Semarang, mengatakan “kalau kemarin ada Covid Kita ketemu obatnya protokol kesehatan dan vaksin, yang kali ini Kampung Pancasila Kita jadikan vaksin untuk melawan radikalisme”. Dan, ketika mas Hendi mengetes beberapa yang hadir termasuk anak – anak tentang Pancasila, hasilnya tidak mengecewakan, semua hafal sila – sila Pancasila.(19/5/22).

Acara yang disemarakkan dengan berbagai atraksi musik, nyanyian dan tari yang bernuansa kebangsaan dan kebhinnekaan itu berlangsung hingga siang hari dan melibatkan banyak komponen masyarakat secara antusias. Para warga tumpah ruah mengikuti acara hingga usai.

Di tengah – tengah acara, Hendro Kelono, ketua RW 04 Kelurahan Mangunharjo ketika ditemui awak media antara lain mengatakan bahwa RW 04 Mangunharjo tahun 2017 mendapatkan peringkat pertama dalam lomba Kampung Agamis dan Toleran, dan mendapat anugerah sebagai Kampung Pancasila tahun 2020. Hendro juga mengatakan bahwa anugerah yang telah diraih tidak saja disebabkan oleh adanya bangunan ibadah yang kebetulan ada di wilayah RW 04, namun juga dikarenakan adanya beberapa organisasi sosial kemasyarakatan fungsional yang tumbuh dan berkembang.

Menurut Hendro, RW 04 memiliki tiga masjid, satu gereja Kristen dan Pondok Pesantren Pringwulung dengan semangat toleransi yang sangat tinggi. Juga memilliki budaya gotong royong wadah bermusyawarahnya warga. “lembaga gotong rotong RT, pengembangan ekspresi budaya, wadah PKK , Paguyuban Nurani dan berbagai wadah lain dimiliki RW kami”, kata Hendro.

Baca Juga :  Sambangi Penjaga Pintu Masuk Pantai Dan Berikan Arahan

“Paguyuban Nurani, misalnya, merupakan kegiatan sosial kemasyarakatan, sosial kesejahteraan dan sosial pemberdayaan. Kegiatan sosial kemasyarakatan meliputi kunjungan orang sakit, layatan dan bantuan hajatan bagi yang membutuhkan. Sedangkan Kegiatan sosial kesejahteraan meliputi pemberian tali asih orang sakit dan meninggal dunia”, tutur Hendro.

Di RW 04 juga memiliki kegiatan Bina Keluarga Balita (BKB) dengan Pos PAUD Rajawali Bangsa-nya, Posyandu, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), Kegiatan Pemberdayaan Sosial Ekonomi Warga atau dikenal dengan komunitas “Sumber Rejeki” (SUMKI) sebuah Komunitas atau wadah yang berusaha mengajak beberapa ibu-ibu mandiri dalam usaha.

Untuk lebih mengakrabkan dan menambah informasi warga, RW 04 juga memiliki media komunikasi berupa bulletin bernama “Warta Rumpun” dan juga Channel Youtube “Jarwo” .
Kegiatan kesenian juga digelar antara lain dengan mengadakan pagelaran Wayang Kancil dan Wayang Beber, festival kebangsaan dengan karnaval dan pesta rakyatnya. “Perayaan keagamaan baik Islam maupun Nasrani sudah secara rutin dilasanakan dengan penuh kedamaian”, kata Hendro.

Sementara Dandim 0733/KS Letnan Kolonel Infantri Honi Havana selain mengapresiasi warga RW 04 Kelurahan Mangunharjo atas kerja kerasnya dalam mewujudkan Kampung Pancasila juga berpesan bahwa Pancasila itu bukan untuk pajangan, tapi yang penting adalah implementasinya, dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan Keluarga maupun lingkungannya. (Sanki W)

 14 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of