JOMBANG,Radarpostnasional.com – Bertepatan Hari Gizi Nasional ke 62 RSUD Kabupaten Jombang melaunching aplikasi Sistem Konsultasi Gizi Online (SiKoZiOn) oleh Direktur RSUD Jombang dr. Pudji Umbaran M.KP. Dihadiri Pejabat Struktural RSUD Jombang dan Warga. Bertempat di halaman RSUD Jombang.

Direktur RSUD Jombang dr. Pudji Umbaran M.KP menyampaikan Pandemi Covid-19  yang terjadi di Indonesia khususnya masyarakat kabupaten Jombang telah menyebabkan banyak perubahan dalam kehidupan sehari-hari. Gizi yang baik juga sangat penting sebelum, selama dan setelah Infeksi. Infeksi menyebabkan tubuh penderita mengalami demam, sehingga membutuhkan tambahan energi dan zat gizi. 

“Untuk menghadapi situasi ini dan bertepatan dengan Hari Gizi Nasional ke 62 yang jatuh pada tanggal 25 Januari 2022, maka Instalasi Gizi RSUD Jombang melalui kader – kader yang sangat luar biasa dengan adanya kerjasama antara bidang penunjang dengan kasi – kasinya, tim IT dan lainnya yang baik terwujudlah suatu inovasi yang luar biasa yakni sistem konsultasi gizi online yang kita terapkan di kabupaten Jombang,” terangnya. 

Menurut dr. Pudji, dahulu gizi itu identik dengan kondisi kurus kering kurang makan sehingga banyak kasus kurang protein, kurang karbohidrat beda dengan zaman sekarang, apalagi kondisi pandemi Covid-19. Oleh karena itu, menjaga pola makan yang sehat sangat penting, meskipun tidak ada makanan atau suplemen makanan yang dapat mencegah infeksi Covid-19, mempertahankan pola makan gizi seimbang yang sehat sangat penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang baik.

“Sedangkan konsultasi gizi yang diberikan mencakup topik seputar gizi seimbang dari mulai janin didalam kandungan hingga lansia, tentunya juga berkaitan dengan pandemi Covid-19 yang  sekarang terjadi. Saya mohon teman – teman IT untuk terus memblock-up karena ini sangat bermanfaat untuk masyarakat. Selain itu, aplikasi SiKoZiOn ini juga merupakan salah satu cara pencegahan dini untuk gangguan metabolik yang saat ini sangat banyak,” jelasnya. 

Baca Juga :  Percepat Vaksinasi, Kapolres Bangkalan Bersama Forkopimda Sidak Vaksin Covid di Kwanyar

Sementara itu, Tim Gizi RSUD Jombang Evi mengatakan berkat dorongan yang sangat luar biasa dari Kabid penunjang medis bahwa kami bisa melakukan inovasi aplikasi sistem konsultasi gizi online. Aplikasi SiKoZiOn tersebut ada layanan berbayar yaitu konsultasi gizi online dan catering diet. Dalam rangka memperingati hari gizi nasional ke 62 maka layanan konsultasi gizi free atau gratis selama 1 bulan,” ungkapnya.

Untuk konsultasi gizi, masyarakat bisa mengakses sikozion.rsudjombang.com.
Tidak hanya layanan berbayar, Aplikasi gizi SiKoZiOn ini juga ada beberapa menu yang free atau gratis dan bisa diakses 24 jam yaitu artikel gizi dan dietetik, kalkulator gizi dan konversi nilai gizi. Dengan harapan RSUD Jombang juga bisa memberikan edukasi gizi pada masyarakat dan aplikasi tidak diakses di Kabupaten Jombang saja namun diakses juga di seluruh Indonesia dan dijangkau dari mana saja.

“Ini juga merupakan upaya kami untuk mendukung cita – cita pak Direktur supaya RSUD Jombang bisa mendunia. Hari ini selain peluncuran aplikasi SiKoZiOn, kami juga mengadakan sedikit pameran atau bazar produk yang dari layanan catering diet,” pungkas Evi. (seco)

 25 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of