KUDUS,Radarpostnasional.com – Dijaman era maju tehnologi seperti ini budaya dan pelestarian sangat jarang kita temui tetapi di desa Wonosoco, kabupaten Kudus jam 10 pagi 20 Januari 2022 ada kegiatan yang melihatkan beberapa pengunjung untuk ikut menikmati wayang kulit.

Tujuan dari tradisi ini adalah untuk membersihkan diri atau yang di sebut bahasa Jawa murwat kolo atau buang sengkolo.
Tradisi ini dilakukan jika ada keinginan diri untuk dimasa yang akan datang hidup lebih baik pembenahan diri juga terlepas dari hal- hal yang sekiranya membuat diri kurang bersih dari sifat manusia di dunia.

Persiapan dilakukan sekitar seminggu dengan beberapa ritual puasa, dana yang dikeluarkan untuk kegiatan 5 juta rupiah terdiri pagelaran wayang kulit beserta pemain musik tradisional, karawitan, gamelan.

Dalang Sumbodo dari Wonosoco yang memimpin ritual ini dengan nama wayang kulit pinggir kulit, sudah berdiri lama, acara di mulai 10 pagi sampai jam 12 siang.

Untuk persiapan pelestarian budaya nguri -nguri budaya jowo khususnya untuk kaum muda harus mengerti kebudayaan asli Indonesia, diharapkan jangan sampai punah dengan adanya jaman tehnologi seperti sekarang ini. Ugo rampe dalam bahasa Indonesia macam persiapannya yaitu baju untuk dikenakan yang akan diruwat, makanan lampiri daun pisang di tampah, Makanan sesajen bisa dibagikan untuk pengunjung siapa saja yang mau.

Syarat ritual lainnya bebek hidup 2, ayam 2, burung dara 2, nantinya akan dilepas di tempat yang sekiranya bisa hidup jauh dari keramaian. barang – barang yaitu ikat kepala, baju, slendang, sarung yang dianggap kurang baik di buang di sungai terdekat ( dilarung), biasanya yang berniat diruwat antara lain yang mempunyai anak kedono kedini ( laki-laki,perempuan) anak 1 (ontang anting) beberapa contoh dan masih banyak lagi.

Baca Juga :  Momen bahagia saat Lamaran Adik Direktur RPN

Pelestarian budaya seperti wayang kulit ini diharapkan jangan punah di Indonesia harapan dari beberapa warga desa Wonosoco. (Diana)

 41 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of