GRESIK,Radarpostnasional.com – Pembangunan puskesmas pembantu Dadap Kuning Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik,Provinsi Jawa Timur. Sekilas puskemas Dadap Kuning kondisinya sangat baik dan kelihatan masih layak dan kokoh, untuk melayani pasien masyarakat yang mau berobat. Di tahun 2021 ini anggaran dan pendapatan dan belanja daerah (APBD) kabupaten Gresik telah merealisasi pembangunan puskesmas pembantu Dadap Kuning di kecamatan Cerme. Kondisi puskesmas Dadap Kuning jika musim penghujan sudah bisa dipastikan kerap menjadi langganan banjir, dikarenakan dampak dari luapan sungai lamong. Bahkan tidak heran jika pasien waktu berobat harus menerjang banjir setinggi lutut dan mirisnya lagi air pasti masuk ke halaman puskesmas. Itu yang terjadi di puskesmas Dadap Kuning jika musim hujan tiba. Untuk pembangunan puskesmas tahun 2021 sudah di realisasi dan untuk pelayanan kesehatan di alihkan ke Dusun Lekek Rejo. Mudah-mudahan proyek ini selesai tepat waktu dan sesuai harapan kita semua khususnya warga masyarakat kecamatan Cerme.

Dengan di bangunnya puskesmas pembantu Dadap Kuning maka pelayanan dan kenyamanan pasien merupakan prioritas utama. Mendukung tercapainya tujuan pembangunan kesehatan nasional yaitu meningkatkan kesadaran, kemauan dan juga kemampuan hidup sehat. Bagi orang yang bertempat tinggal di wilayah kerja puskesmas agar terwujud derajat kesehatan yang setinggi-tingginya. Dalam rangka memenuhi ketersediaan puskesmas yang sesuai dengan permenkes nomor 75 tahun 2014 tentang puskesmas untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di daerah, diperlukan adanya upaya peningkatan fasilitas fisik puskesmas baik melalui pembangunan rehabilitas dan renovasi bangunan puskesmas juga pembangunan prasarana penunjang lainnya yang di bangun oleh kementrian kesehatan sebagai fasilitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat, lebih lanjutnya di tuturkan kepada masyarakat harus mengatahui bahwa puskesmas merupakan suatu institusi pelayanan kesehatan publik yang penuh dengan berbagai di disiplin ilmu. Padat karya dan padat teknologi namun demikian untuk membangun suatu prasarana puskesmas yang memenuhi permenkes di harapkan tetap dapat di laksanakan dalam waktu yang seoptimal mungkin.

Baca Juga :  Gelar Vaksin, Desa Situ Sediakan 1.000 Kuota

Mengingat keberadaannya yang sangat diperlukan oleh masyarakat khususnya di desa Dadap Kuning dan kecamatan Cerme pada umumnya. Selain itu bangunan puskesmas juga harus memenuhi beberapa kriteria antara lain mempunyai ciri khas yang dapat di seragamkan sehingga menjadi penanda keberadaan bangunan puskesmas, selalu memasukkan unsur wilayah atau daerah sebagai jati diri, serta mampu mengakomodasi kebutuhan responsif gender dan disabilitas guna mempercepat ketersediaan fasilitas di daerah yang sesuai dengan kententuan-ketentuan di atas, maka diperlukan ketersediaan desain dalam bentuk prototipe, monitoring evaluasi yang efektif dan evisien dari pemrakarsa dari konsultan pengawas di masing-masing daerah serta kemampuan kontraktor yang memahami bangunan khususnya fasilitas pelayanan kesehatan. Khususnya dalam pembangunan di puskesmas Dadap Kuning Kecamatan Cerme beda dengan kecamatan yang lain karena letak wilayahnya.

Untuk itu harapan kami kedepannya kami perlu dukungan dari masyarakat Dadap Kuning dan kecamatan cerme semua. Agar dengan di bangunnya tempat kesehatan ini bisa saling menjaga dan saling memiliki. Karena puskesmas yang miliki ini bisa sebagai aicon atau percontohan untuk puskesmas-puskesmas yang baik selarah lokal dan nasional. Hal ini merupakan kebanggan untuk kita semua. (TARMUDZI)

 15 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of