SURABAYA,Radarpostnasional.com –Siasati masa pandemi Covid-19 dengan mengembangkan bakat seni , Jalasenastri Daerah Armada II mengadakan acara Pelatihan Keterampilan bagi Ibu-Ibu Jalasenastri. Mengangkat tema Kreatif dan Cantik, pelatihan keterampilan Jalasenastri Daerah Armada II menampilkan Seni Kriya Sospeso Transparente yang digelar secara virtual di Gedung Panti Tjahya Armada Surabaya, pada Selasa(19/10).

Pelatihan keterampilan ini diikuti langsung oleh Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono didampingi Waketum Jalasenastri, dan para pengurus inti PP Jalasenastri, serta anggota Jalasenastri dari seluruh Satuan Kerja TNI Angkatan Laut.

Acara pelatihan ketrampilan diawali dengan penampilan luar biasa dari Tim Kolintang Jalanada Koarmada II, pembukaan oleh MC, laporan dan pembukaan oleh Ketua Daerah Jalasenastri Armada II Ny. Dewi Iwan, Penayangan Video UMKM Korcab DJA II, Live ketrampilan cara pembuatan Sospeso yang disampaikan oleh Instruktur Pengurus DJA II Ny. Alfiah Hendriman Putra, penyerahan secara simbolis hasil keterampilan sospeso tansparente oleh KDJA II kepada Ketum Jalasenastri, dilanjutkan penayangan video UMKM Cabang, sesi foto bersama dan ditutup dengan penampilan Jalanada Koarmada II.

Dalam sambutannya, Ketua DJA II Ny. Dewi Iwan Isnurwanto menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan ketrampilan pembuatan Sospeso Tranparente ini bisa diikuti oleh seluruh anggota Jalasenastri dari Sabang sampai Merauke melalui Virtual dan ditayangkan secara langsung di akun Pengurus Pusat Jalasenastri Instagram, Youtube dan Facebook.

“Kegiatan pelatihan dan keterampilan ini diharapkan dapat bermanfaat dan menginspirasi ibu –ibu Jalasenastri untuk tetap berkreasi dalam kondisi terbatas. Juga dapat memberikan nilai-nilai lebih secara ekonomi dan berkembang menjadi suatu peluang usaha “, ujar Ny. Dewi Iwan Isnurwanto.

Sekilas mengenai “Sospeso Transparente” adalah Seni Kriya (Craft) yang diciptakan oleh Monica Allegro dari Italia , seni ini menggabungkan kain, kertas / tissue bermotif (tissue decoupage) dengan thermal film atau plastik mika , yang ditempel menggunakan lem lalu dibentuk (diembos) menjadi 3 dimensi.

Baca Juga :  Ratusan jawara PSHT Kawal Sidang Pembunuhan Bos Rongsokan

Untuk pelatihan kali ini instruktur Ny. Alfiah Hendriman Putra menggunakan kain batik yang dibentuk menjadi bross bunga menggunakan teknik sospeso, tak hanya itu kerajinan sospeso bisa diaplikasikan pada dompet , tas , kalung, hiasan pigura dll, serta menambah nilai tersendiri dalam keunikan dan keindahan hasil karya sospeso transparente.

Usai melaksanakan pelatihan seluruh Ibu-Ibu Jalasenastri melaksanakan teknik perawatan wajah mandiri “basic and lifting face massage” yang dipandu oleh Ny. Laily Ardi Pradana, disamping itu sembari mempraktekkan teknik pijatan Ny. Laily menyampaikan manfaat dari pijatan tersebut yakni mencegah penuaan, mencegah munculnya jerawat, wajah menjadi bersinar, relaksasi wajah, menutrisi kulit , serta meningkatkan sirkulasi darah.

Diakhir acara Ketua DJA II bersama dengan Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H.,M.A.P,M.Tr.(Han) selaku Pembina , berkesempatan menyerahkan cenderamata kepada Bapak Eka Kristyanta Purnama selaku koordinator produksi Pusdatin Kemendikbudristek sebagai pihak yang membantu kelancaran acara pelatihan keterampilan virtual Jalasenastri. (BIN/Pen2)

 8 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of