SURABAYA,Radarpostnasional.com –Kawasan Komando Armada II akan terasa makin sejuk, asri, dan indah dengan kehadiran barisan Pohon Tabebuya. Pasalnya masih dalam rangka memperingati HUT TNI Ke-76, Panglima Koarmada II Laksda TNI Dr.Iwan Isnurwanto, S.H.,M.A.P.M.Tr. (Han) menggagas kegiatan penanaman massal Pohon Tabebuya di Lapangan Ambalat Ujung, pada Kamis (6/10).

Sebanyak 200 batang Pohon Tabebuya yang didatangkan langsung dari Kediri, serentak ditanam oleh prajurit Koarmada II di sekeliling Lapangan Ambalat. Bahkan kegiatan yang termasuk dalam upaya penghijauan ini, pelaksanaannya dikomando langsung oleh Pangkoarmada II dan diikuti oleh seluruh pejabat utama, Kasatker dan Komandan KRI Koarmada II yang berada di pangkalan Surabaya.

Tabebuya (Handroanthus chrysotrichus), adalah sejenis tanaman yang berasal dari negara Brasil dan termasuk jenis pohon besar. Seringkali tanaman ini dikira sebagai tanaman Sakura oleh kebanyakan orang, karena bila berbunga bentuknya mirip seperti bunga Sakura. Selain untuk keindahan, daun dari pohon bunga Tabebuya juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati luka, dan menurunkan panas. Lebih hebatnya lagi, pohon ini juga dimanfaatkan sebagai penambah sel darah secara alami bagi pasien pengidap Anemia.

“Kita sudah mengetahui bagaimana model, bentuk dan keindahan dari bunga Tabebuya,mengapa ini perlu saya tanam ? karena di lapangan Ambalat lapangan kebanggaan kita adalah area untuk melaksanakan kesamaptaan jasmani untuk seluruh personel Koarmada II. Dengan penanaman kurang lebih 200 Tabebuya ini, diharapkan siapapun yang menggunakan fasilitas Lapangan Ambalat akan merasa nyaman dan bisa menghilangkan rasa penat setelah kita melaksanakan kegiatan-kegiatan yang memakan waktu, tenaga, dan pikiran,” terang Pangkoarmada II.

Saat ini sebagai area yang dimanfaatkan untuk kesamaptaan jasmani prajurit Koarmada II, Lapangan Ambalat mengalami perubahan berarti. Dimulai dari pohon-pohon sekitar yang di cat warna warni agar mereka yang berolahraga tidak bosan memandang ppohon dengan warna monoton, kemudian adanya fasilitas jogging track, dan ditambah dengan pohon Tabebuya maka diharapkan lebih banyak lagi personel yang memanfaatkan Ambalat untuk berolahraga.

Baca Juga :  Bantu Ringankan Beban Wali Murid, Batuud Koramil Mranggen Ajak Siswa Siswi Manfaatkan Wifi Koramil

“Selain untuk penghijauan, keindahan, tapi juga untuk kekayaan oksigen bagi kita. Sambil berolahraga mereka bisa menikmati keindahan Lapangan Ambalat. Rencana kita juga akan menanam Tabebuya di sejumlah spot lainnya di kawasan Koarmada II ini, jadi tidak hanya di Lapangan Ambalat,” pungkas Laksda Iwan.
(BIN/Pen2)

 13 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of