BANGKALAN,Radarpostnasional.com –
Kebijakan terbaru pemerintah terkait Bantuan Sosial Tunai (BST) dan Program Keluarga Harapan (PKH), 10 juta penerima sudah bisa menerima tambahan beras sebanyak 10 kg yang disalurkan melalui Perum Badan Urusan Logistik (BULOG).

Menteri Sosial Tri Rismaharini menyampaikan pembaruan data penerima Bansos tunai dan non tunai di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) bulan lalu dan siap disalurkan kepada penerima. Penyaluran Bansos ini diprioritaskan kepada penerima BST dan PKH di daerah yang menerapkan PPKM Darurat.

Sebagai informasi yang dikutip dari situs Kementerian Sosial (Kemensos) alokasi anggaran untuk 10 juta penerima Bansos Tunai senilai Rp 6,1 triliun, sedangkan untuk 10 juta penerima PKH senilai 13,96 triliun. Sedangkan untuk Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) bagi 18,8 juta penerima dialokasikan anggaran senilai Rp 45,12 triliun.

Di desa Tonjung kecamatan Burneh kabupaten Bangkalan sejak hari Kamis 29/7/2021 penyaluran Bansos Non Tunai berupa beras 10 kg sudah mulai dilaksanakan. Penerima Bansos satu per satu dari beberapa dusun/RT berdatangan ke kantor Kelurahan Tonjung kecamatan Burneh guna mendapatkan bantuan tersebut.

” Cukup membawa foto copy KTP dan KK dan diserahkan kepada petugas kelurahan penerima Bansos bisa langsung membawa pulang beras 10kg bila sudah sesuai dengan DTKS ” ungkap salah satu staf kelurahan Tonjung saat dikonfirmasi oleh Media Radar Post Nasional.
Lanjut Lurah Kelurahan Tonjung M. Sholeh SE menjelaskan saat ditemui awak media di ruang kerjanya ” Bantuan ini diperuntukkan kepada warga Tonjung penerima PKH dan BST yang sudah terdata di DTKS sedangkan Bansos ini berasal dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu),” Imbuhnya.

Menurut data yang diperoleh penerima Bansos di Kelurahan Tonjung sebanyak 443 orang dan diberikan secara langsung di kantor Kelurahan Tonjung kecamatan Burneh.

Baca Juga :  Desa Pengumbulan Adi-Tikung Manfaatkan Dana Desa 2021 Untuk Pemulihan Ekonomi Dan Pembangunan Infrastruktur

Menurut salah satu penerima Bansos mengungkapkan, semoga bantuan ini bisa bermanfaat terhadap keluarga kami di saat PPKM Darurat ini berlangsung dan saya pribadi semoga pandemi ini cepat usai, sambil tertawa riang dia meninggalkan kantor kelurahan dengan membawa beras yang didapatnya.
(BIN)

 15 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of