BANGKALAN,RPN – Untuk membangun dan menciptakan citra dan nama baik seseorang tidaklah segampang membalikkan telapak tangan. Untuk itu dibutuhkan pengorbanan dan kesabaran serta intropeksi diri lebih maksimal. Namun hal itu disepelekan dan tidak diindahkan oleh salah seorang jurnalis dan wartawan di salah satu media kondang di Bangkalan. Terkuak dalam sebuah rilis beritanya pada edisi cetak tanggal 25 Mei 2021 yang berjudul ” Kemenkeu Pangkas Tukin Gaji Ke 13 ” dengan mengambil gambar profil seorang ASN yang sedang berboncengan.

Mereka tidak sadar bahwa hal itu sudah melanggar UU ITE No 11 tahun 2008 pasal 27 ayat (3) yang berbunyi “Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik”

Menurut UU tersebut sudah jelas bahwa wartawan yang dimaksud tidak memperhatikan isi daripada UU terkait.  Juga wartawan tersebut telah melanggar pasal 12 UU Hak Cipta pasal (2) yang berbunyi ” Penggunaan secara komersial, penggandaan, pengumuman, pendistribusian dan/atau komunikasi potret sebagaimana dimaksud pada ayat (1) yang memuat potret 2 (dua) orang atau lebih, wajib meminta persetujuan dari orang yang ada dalam potret atau  ahli warisnya “

Sebut F Sang profil jelas tidak nyaman dan merasa dirugikan atas gambarnya yang sudah dimuat dalam koran yang sudah beredar pada edisi tersebut. Setelah ditemui Media Radar Post Nasional F mengaku tidak nyaman atas beredarnya koran tersebut karena merasa nama baiknya sudah tercoreng di kalangan masyarakat Bangkalan terlebih di lingkungan dia bekerja. F akan menuntut dan menempuh jalur hukum atas perbuatan seorang wartawan yang telah memotretnya tanpa sepengetahuan dan seijin dirinya. Sampai berita ini beredar pihak wartawan yang bersangkutan bahkan pihak redakturnya tidak ada iktikat baik kepada pihak F untuk klarifikasi. (AJIB)

 51 total views,  1 views today

Baca Juga :  Terkesan Tutupi Anggaran, Proyek MCK SMPN 1 Wanayasa Tanpa Papan nama

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of