Ket. Gambar: Rizal Morris, A.P, M.Si Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bangkalan

BANGKALAN,RPN – Menjelang musim pancaroba yakni peralihan dari musim penghujan ke musim kemarau, yang ditandai dengan kondisi udara terasa panas, arah angin tidak teratur, dan kadang turun hujan yang terjadi dalam waktu singkat dan sangat lebat yang disertai angin sangat kencang.

Namun saat ini masih belum diberlakukan status dalam keadaan darurat kekeringan, karena dalam satu minggu terakhir bahkan beberapa hari kemarin masih terjadi hujan di beberapa wilayah kecamatan di kabupaten Bangkalan, khususnya di wilayah yang biasa terdampak kekeringan masih ada hujan. BMKG memprediksi bahwa awal musim kemarau di kabupaten Bangkalan diperkirakan terjadi pada pertengahan atau akhir bulan Juni 2021.

Saat Media Radar Post Nasional menemui Kepala Pelaksana BPBD kabupaten Bangkalan di tempat kerjanya beliau menjelaskan, ” Pihaknya telah melakukan persiapan sebagai antisipasi datangnya musim kemarau 2021 diantaranya adalah diadakan pemetaan kembali berdasarkan data base jumlah desa terdampak kekeringan di tahun lalu 2020 dan pihaknya juga melakukan validasi ulang kepada seluruh camat yang wilayahnya berpotensi mengalami bencana kekeringan di tahun ini, sehingga nanti bisa dipastikan apakah potensi lokasi terdampak tahun ini akan bertambah, sama, ataukah berkurang dari tahun sebelumnya,” ungkapnya.

Ditambahkan pula bahwa data tahun lalu lokasi terdampak kekeringan yang telah dilakukan pemberian bantuan air bersih gratis ( droping air bersih) terdiri dari 72 desa yang tersebar di 12 kecamatan di kabupaten Bangkalan. Secara umum dalam menghadapi datangnya musim kemarau BPBD bersama OPD teknis lainnya ( Dinas Sosial, Dinas PUPR, PDAM) sudah siap bersinergi dalam menanggulangi bencana kekeringan, untuk kemudian ditindaklanjuti dengan pemberian bantuan air bersih gratis bagi daerah terdampak kekeringan di kabupaten Bangkalan, tutupnya sambil mempersilahkan awak Media mencicipi hidangan yang ada. (BIN)

 57 total views,  1 views today

Baca Juga :  Kapolres Demak Cek Percepatan Vaksinasi di Gerai Vaksin Presisi

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of