Ket.Foto : Barang Petasan Yang Diamankan Di Mapolres Bangkalan ( Dok.RPN.Bowie)

BANGKALAN,RPN – Warga Kelurahan Bancaran Kecamatan Bangkalan Madura Jawa Timur, memang sudah menjadi tradisi kota Dhikir dan Shalawat , dikala Lebaran tidak pernah lepas dari petasan, Polres Bangkalan sebagai penegak hukum bertindak tegas dengan adanya pesta Petasan, Kamis (20/05/2021).

Kasatreskrim AKP.Sigit Nursiyo Dwiyogo,SH.MH serta Kasatresnarkoba Iptu Iwan Kusdiyanto,S.H. juga Kasat Sabhara AKP.Harifi Kohar,S.H. dengan tim gabungan ini langsung bertindak menggerebek ke lokasi di Kelurahan Bancaran , yang akan dijadikan tempat pesta petasan (Mercon) di hari lebaran ketupat kali ini.
Lokasi yang setiap tahunnya dibuat pesta petasan yang tidak jauh dari Kota , yaitu Kampung Panyageran, Kampung Pancian Kelurahan Bancaran Kecamatan Kota Bangkalan , rupanya menyimpan berbagai macam jenis bahan ledakan.

Para Pelaku Di Gelandang Ke Mapolres Bangkalan Di Mintai Keterangannya

Saat di lokasi petugas menyita / barang bukti yang diamankan, Petasan Jenis Segitiga dengan total 51 buah , Dengan rincian : Ukuran besar 4 buah, Ukuran sedang : 22 buah, Ukuran kecil : 25 buah . Sedangkan Petasan Jenis Tabung dengan total 59 buah , Dengan rincian : Ukuran besar : 3 buah, Ukuran sedang : 25 buah , Ukuran kecil : 31 buah , bahkan Petasan Jenis Slengdor 32 buah, 1 botol bensin, 1 batang tongkat penyulut api, 1 buah gerobak pengangkut petasan, 1 buah timba .
Bagi para pelaku yang diamankan 7 (Tujuh) Orang, SM (42) denga alamat Kampung penyageran Kel Bancaran, MS (52) Kampung Penyageran, SR (31) Jalan Kenanga Kel Mlajah, ES (19) Jalan Raya Bancaran, TH (20) Jalan Raya Bancaran , RK (20) Kampung Pancian, sedangkan DS (23) Jalan Raya Bancaran.

Kapolres Bangkalan AKBP. Didik Hariyanto S.I.K.,Menjelaskan masalah penggerebekan yang dilakukan oleh Petugas, dikarenakan mendapat informasi dari Warga sekitar ,”Sore sekitar pukul 16.00 WIB , dengan adanya informasi dari Masyarakat tersebut, Tim Gabungan Polres Bangkalan langsung bertindak ke Lokasi di Kelurahan Bancaran ,Tim Gabungan menyisir 2 (Dua) lokasi Kampung Penyageran dan Kampung Pancian , serta menyita barang bukti 142 Jenis Petasan , diantaranya Jenis Segitiga , Tabung , dan Slengdor. “Untuk pelaku dengan jumlah 7 Orang , saat ini kami amankan di Mapolres dan akan diminatai keterangan,” tegas Kapolres.

Baca Juga :  Wujud Sinergitas TNI - Polri, Koramil Dan Polsek Guntur Kunjungi Desa Binaan

Bahkan disaat penggerebekan usai pada Adzan Magrib berkumandang , pihak Polres Bangkalan langsung memusnahkan petasan-petasan tersebut ,”142 Petasan sudah dimusnahkan tim Gabungan dengan cara direndam ke dalam air agar tidak membahayakan , saat ini barang bukti masih diamankan oleh petugas untuk proses penyidikan lebih lanjut,”Sedangkan 7 Pemuda yang kami amankan telah melanggar UU darurat nomor 12 tahun 1951 , Dengan ancaman hukuman pidana mencapai 10 tahun penjara,” Daya ledak yang cukup berbahaya hingga terdengar dalam radius 1 kilometer, sehingga membuat Kapolrespun menghimbau kepada Masyarakat untuk tidak lagi menggunakan petasan disaat merayakan lebaran , bahkan hari-hari besar lainnya,” ungkapnya.

Kapolres menambahkan , Bahwa sanya petasan tersebut sangat berbahaya bagi pelaku , bahkan bagi Orang lain,”Saya berpesan kepada seluruh Masyarakat Bangkalan STOP dengan petasan, mari kita mulai kembali hidup sehat, jangan lagi membakar petasan saat lebaran ataupun perayaan yang lain, petasan ini bukanlah sebuah tradisi, justru sangat membahayakan nyawa kita sendiri bahkan bagi orang lain serta lingkungan sekitar,” pesannya.

AKBP.Didik bukan hanya pesan yang disampaikan , namun akan menindak tegas bagi pelaku pesta petasan di Kabupaten Bangkalan,”Kami akan melakukan tindakan tegas, tidak akan memberi ampun bagi siapapun juga yang masih berani membakar petasan, Hal ini kami lakukan karena semata-mata ingin mengubah pola hidup masyarakat Bangkalan menjadi lebih baik lagi kedepannya,” tutup Kapolres Bangkalan AKBP.Didik. (WIE)

 53 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of