DEMAK,RPN – Seorang wanita warga Perum Pucanggading, Desa Batursari dimakamkan dengan prorokol Covid-19 di TPU Tlogo, Desa Batursari, Kecamatan Mranggen, Selasa siang kemarin, (27/04/2021).

Wanita berinisial SA (52) ini mengalami drop dan dilarikan ke Rumah Sakit Panti Wilasa Semarang pada Jumat (23/04) lalu.

Setelah dilakukan test swab, SA (52) dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19, sehingga dirawat di ruang isolasi Nakula 1 RS Panti Wilasa.

Dan pada Selasa pagi, (27/04), pukul 05.05 WIB, pihak rumah sakit menyatakan bahwa pasien SA (52) meninggal dunia sehingga harus dimakamkan dengan prosedur pemakaman jenazah Covid-19.

Dalam prosesi pemakaman, mendapat pendampingan dan pengawalan dari Babinsa Koramil 12/Mranggen Kodim 0716/Demak Serka Sugiono dan Bhabinkamtibmas Bripka Bayu Apriadi.

Pendampingan yang dimaksud tersebut dalam rangka mencegah terjadinya penolakan dari warga atau mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama prosesi pemakaman.

Serka Sugiono disela-sela pendampingan menuturkan, di beberapa wilayah prosesi pemakaman jenazah Covid-19 mendapat penolakan dari warga, dengan alasan dapat menyebarkan virus.

“Oleh karenanya kita lakukan pendampingan bersama Bhabinkamtibmas dan Kepala desa Pak Sutikno,” ungkap Serka Sugiono.

Tak hanya pendampingan saja, Babinsa dan Bhabinkamtibmas juga mengajak pihak keluarga dan kerabat almarhumah untuk tetap mematuhi protkes selama prosesi pemakaman. Yakni dengan menggunakan masker dengan benar, menjaga jarak aman dengan yang lain, dan mencuci tangan sebelum serta sesudah dari area pemakaman.

Selain itu, Babinsa juga meminta pihak desa untuk melakukan penyemprotan disinfektan di sekitar kediaman almarhumah. Dan kepada pihak Puskesmas, Babinsa juga meminta untuk segera melakukan langkah pencegahan, yakni tracing dan tracking.

“Dalam upaya pencegahan penyebaran nantinya, saya selaku Babinsa siap mendampingi, karena ini merupakan kewajiban saya. Semoga almarhumah mendapatkan tempat yang layak disisi-Nya. Amin,” tandasnya.

Baca Juga :  Langgar PPKM Darurat, Belasan Warkop Dan Cafe di Bojonegoro Disegel Petugas Gabungan

Hadir dalam prosesi pemakaman Kepala Desa Batursari Sutikno beserta perangkat, petugas Puskesmas Mranggen 3, Bidan desa , Modin dan keluarga almarhumah.(Adi)

 56 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of