MEDAN,RPN- Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi secara resmi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Utara Tahun 2022, Kamis (08/04/2021) di Hotel Santika Dyandra, Medan.

Turut hadir Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kementerian Dalam Negeri Dr. Drs. Hamdani, MM, M.Si,ak, Wakil Gubsu Rajekshah, Wakil Ketua DPRD Sumut Harun Mustafa Nasution, Forkompinda, Sekda Provsu, para Bupati/Walikota dan Kepala Bapeda Se-Sumut.

Gubsu dalam sambutannya mengatakan
Pandemi Covid-19 yang melanda dunia, telah memengaruhi sendi kehidupan masyarakat, terutama pertumbuhan ekonomi yang mengalami kontraksi di semua sektor. Untuk itu, Musrenbang kali ini mengedepankan rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) sebagai upaya memulihkan ekonomi dan kehidupan masyarakat. Untuk itu tema Musrenbang RKPD Tahun 2022 adalah Percepatan Pemulihan Ekonomi dan Kehidupan Masyarakat.

Langkah pemulihan dimaksud, dapat dijalankan dengan memfokuskan pembangunan di sektor tertentu sesuai potensi dan unggulan masing-masing daerah. Karenanya pemerintah kabupaten/kota dan seluruh pemangku kepentingan diminta untuk aktif, agar alokasi anggaran yang diberikan melalui Bantuan Keuangan Provinsi (BKP) dimanfaatkan secara maksimal dan efektif.

Staf Ahli Menteri Bidang Ekbang Kemendagri, Hamdani menyebutkan bahwa hasil rapat koordinasi terknis perencanaan pembangunan yang diusulkan oleh Provinsi Sumut, terdapat 11 usulan yang diakomodir pemerintah pusat. Di antaranya peningkatan kapasitas tenaga kesehatan, kualitas SDM guru SMA/SMK, pembangunan jalan akses Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba di Humbahas dan Samosir, pengembangan desa wisata, akses ke KEK Seimangkei dan Kualatanjung, jalan Tol Trans Sumatera Medan-Pekanbaru dan lainnya.

Dengan upaya pemulihan ekonomi di seluruh daerah, katanya, rencana pembangunan di Sumut diarahkan kepada refokusing memperkuat infrastruktur pelayanan dasar seperti fasilitas kesehatan, penujang kesehatan, energi dan telekomunikasi, serta ketahanan pangan. Sedangkan untuk asumsi pandemi dapat dikendalikan pada tahun depan, sektor ekonomi yang bisa diperkuat adalah pariwisata, industri, perdagangan, kelautan dan perikan.
Usai membuka Musrenbang, Gubsu menyerahkan Piagam Perhargaan kepada Pemerintah Kabupaten dan Walikota Terbaik dalam pelaksanaan PPD ( Perencanaan Pembangunan Daerah ) Tahun 2020.

Baca Juga :  Dansatgas TMMD Serahkan Naskah Hasil Pelaksanaan TMMD Sengkuyung I Di Wilayah Kabupaten Demak

Untuk Kategori Pemerintah Kabupaten; Terbaik I Kabupaten Deli Serdang, Terbaik II Kabupaten Samosir dan Terbaik III Kabupaten Humbahas.
Kategori Pemerintah Walikota; Terbaik I Walikota Padang Sidempuan, Terbaik II Walikota Tanjung Balai, Terbaik III Walikota Sibolga. (Jackson Pandiangan)

 7 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of