DEMAK, RPN – Program vaksinasi Covid-19 di Indonesia sudah dimulai sejak Januari 2021 lalu. Setelah menyasar para tenaga kesehatan (Nakes), pemberi layanan publik seperti TNI dan Polri serta ASN, kini vaksinasi diberikan kepada para Lansia.

Seperti vaksinasi pertama yang diberikan kepada 400 orang Lansia berusia diatas 60 tahun di Desa Jamus, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak, pada Senin (05/04/2021) kemarin.

Untuk menjamin kelancaran vaksinasi tersebut, sejumlah aparat melaksanakan pendampingan vaksinasi di Aula Balaidesa Jamus. Mereka terdiri dari Babinsa Koramil 12/Mranggen Kodim 0716/Demak Sertu Saswito, Bhabinkamtibmas Polsek Mranggen Brigadir Ainun Najib. Bahkan Wakapolsek Mranggen Iptu Sarengat juga ikut meninjau pelaksanaan vaksinasi.

Kepala Puskesmas Mranggen II dr. Khoerudin selaku tertua tim vaksin menuturkan, vaksinasi kepada Lansia dilaksanakan di beberapa desa yang berada di wilayah Puskesmasnya. Pihaknya bekerjasama dengan pemerintah desa untuk proses vaksinasi.

“Dari pihak desa menyiapkan tempat untuk vaksinasi. Kita menyiapkan tim untuk vaksin,” katanya.

Kepala desa setempat Djumbali menyebut, untuk vaksinasi Covid-19 kepada Lansia yang merupakan warga desanya, ada 400 orang Lansia yang lolos verifikasi untuk vaksinasi. Tahap pertama dilaksanakan pada Senin (05/04) dan tahap kedua akan dilaksanakan pada 2 Mei mendatang.

“Pihak kita sudah bekerjasama dengan Puskesmas untuk pelaksanaan vaksinasi. Harapan kita dengan pemberian vaksin ini dapat mengurangi penyebaran virus di tengah masyarakat,” tuturnya.

Sementara Babinsa Sertu Saswito, dalam kesempatan itu mengingatkan warga yang menerima vaksin untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Yaitu dengan memakai masker, menjaga jarak selama pelaksanaan vaksinasi, dan mencuci tangan sebelum dan sesudah divaksin.

“Untuk warga yang menerima vaksin, kita berikan imbauan agar mematuhi protokol kesehatan. Semoga berjalan dengan aman dan lancar,” tegas Sertu Saswito. (Adi)

 14 total views,  1 views today

Baca Juga :  Jaga Kebugaran, Anggota Koramil Guntur Senam Bersama Dengan Berbagai Instansi Di Kecamatan Guntur

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of