MEDAN,RPN– Komisi II DPRD Samosir melaksanakan Konsultasi dan Koordinasi terkait Kegiatan Pelatihan Pengolahan Kopi ke Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK), Jalan Gatot Subroto Km.7,8 Medan, Sumatera Utara, Jumat (26/02/2021).

Rombongan tersebut dipimpin Ketua DPRD Samosir, Saut Martua Tamba, didampingi Wakil Ketua II DPRD, Nasip Simbolon bersama Komisi II DPRD Samosir yakni Pardon Lumban Raja, Polma Gurning, Baringin Sihotang, Sorta Siahaan, Suhanto Sitanggang, Jhonny Sagala, dan Haposan Sidauruk dan didampingi Kadisnaker Koperindag Samosir, Vikbon Simbolon.

Konsultasi dan Koordinasi DPRD Samosir ke perwakilan Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas, Kementerian Ketenagakerjaan RI ini diterima Kepala BBPLK Sumut, Muhammad Ali.

“Nantinya sertifikasi ini akan difasilitasi oleh BBPLK Medan Kementerian Ketenagakerjaan RI yang bekerjasama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Hal ini guna mendukung pariwisata Samosir, sustainability kopi dan branding kopi Samosir,” ujar Ketua DPRD Samosir Saut Martua Tamba.

Ketua DPRD Samosir, Saut Martua Tamba pada kesempatan tersebut mengatakan, bahwa tujuan diadakan konsultasi dan koordinasi ini mengenai pelatihan pengolahan kopi di Kabupaten Samosir untuk menindaklanjuti kesimpulan Rapat Komisi II DPRD Samosir pada tanggal 2 Februari 2021 yang lewat.

Pada kunjungan tersebut, DPRD Samosir mengharapkan agar BBPLK Sumut melakukan pembinaan SDM di Kabupaten Samosir berupa pelatihan boarding dan non boarding serta sertifikasi profesi.

Dengan adanya kunjungan ini, diharapkan akan memberikan saran ke pihak dinas terkait untuk mengambil kebijakan bagaimana memaksimalkan ekonomi dari komoditi unggulan kopi dan diharapkan bisa diadopsi.

“Mengingat pertanian merupakan salah satu sektor penghasilan masyarakat, saya kira hasil pertemuan ini akan menjadi masukan untuk mendongkrak eksistensi salah satu komoditi unggulan (kopi) yang pada akhirnya untuk kesejahteraan masyarakat,” tutur Ketua DPRD Samosir Saut Martua Tamba.

Baca Juga :  Pjs. Bupati Samosir Harapkan Pemuda Pancasila Dapat Menjadi Penggerak Pembangunan

Dari hasil Konsultasi dan Koordinasi rombongan Komisi II DPRD Samosir tersebut, bahwa Kabupaten Samosir Tahun 2021 akan mendapat alokasi 2 paket ujian sertifikasi barista kopi bagi penggiat Samosir, UMKM kopi dan petani kopi Samosir.(Jackson Pandiangan)

 14 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of