Keterangan Gambar : Suasana pelaksanaan konfrensi pers di aula kantor bupati Samosir, kamis (25/02/2020).

SAMOSIR,RPN– Menjelang Perayaan Hari Jadi Kabupaten Samosir yang ke-17, Pemerintah Kabupaten Samosir menggelar Konferensi Pers, yang diadakan di aula kantor bupati Samosir, Kamis (25/02/2020).

Konfrensi Pers tersebut, dengan resmi dibuka oleh sekretaris daerah Kabupaten Samosir sekaligus Plh. Bupati Samosir, Jabiat Sagala.
Turut juga dihadiri Asisten I Pemkab Samosir Mangihut Sinaga, Asisten II, Saul Situmorang, Asisten III Lemen Manurung, Kadis Kesehatan, dr Nimpan Karo-Karo, Kadis Pendidikan, Rikardo Hutajulu, Kadis Pariwisata, Dumosch Pandiangan, jajaran ASN Kabupaten Samosir, serta LSM dan Insan Pers.

Dalam sambutannya, Plh. Bupati Samosir, Jabiat Sagala menyampaikan tujuan dan topik digelarnya konferensi pers tersebut.

“Adapun topik konferensi pers kali ini, yakni terkait Dinamika Pemerintahan, Pencegahan Covid-19 di kabupaten Samosir, serta persiapan Perayaan hari jadi Kabupaten Samosir,” ujar Jabiat Sagala.

Guna pencegahan penularan Covid-19 di Kabupaten Samosir, Jabiat Sagala mengatakan bahwa Pemkab Samosir bersama TNI – Polri telah menggelar Operasi Yustisi.

“Dalam penerapan Prokes di Samosir, Pemkab Samosir bersama TNI Polri telah menggelar Operasi Yustisi”lanjutnya.

Diakhir Sambutannya, Plh. Bupati Samosir mengajak elemen masyarakat untuk menerapkan Protokol Kesehatan demi mencegah penularan Covid-19 di Kabupaten Samosir.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Kabupaten Samosir, dr Nimpan Karo Karo, menyampaikan bahwa per bulan Juli 2020, hingga Februari 2020, tercatat 174 kasus Covid-19 di Samosir.

“7 diantaranya meninggal dunia, 26 orang hingga kini menjalani isolasi mandiri, dan 140 orang dinyatakan sembuh,” ujar Nimpan Karo Karo.

Lebih lanjut disampaikan Kadis Kesehatan, bahwa pelaksanaan Vaksinasi tahap I (pertama) di Kabupaten Samosir hampir rampung.

“Pelaksanaan vaksinasi Tahap II, di prediksi akan dimulai pada pertengahan bulan Maret,” tambahnya.

Baca Juga :  Kapolda Jateng bersama Komunitas Off Road Panen Raya dan Pembagian Sembako di Kabupaten Batang

Lebih lanjut diterangakan, terkait penanganan Covid-19, Pemkab Samosir akan menerapkan pembatasan kegiatan masyarakat secara mikro di seluruh desa di Samosir.

“Seluruh desa di Samosir juga sudah menyiapkan rumah untuk isolasi mandiri, bagi warga yang terpapar covid-19,” ujar Nimpan, mengakhiri paparannya.

Sementara itu, Asisten I Pemkab Samosir, Mangihut Sinaga mengatakan bahwa dalam perayaan Hari Jadi Kabupaten Samosir, yang akan digelar pada Sabtu, 27 Februari mendatang tetap mengikuti Prokes.

“Pada perayaan HUT Samosir pada hari Sabtu, Pemkab Samosir telah menyediakan masker dan menerapkan Protokoler kesehatan, dan undangan yang hadir diperkirakan 450 orang,” ungkap Mangihut Sinaga.
(Horas Pangihutan Samosir)

 18 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of