Drs. Salman Hidayat selaku Camat di Kecamatan Tanah Merah Kabupaten Bangkalan

BANGKALAN,RPN – Dalam menanggapi pertanyaan wartawan Radar Post Nasional Jum’at 19/2/2021 di ruang kerjanya, Camat Tanah Merah Kabupaten Bangkalan Drs. Salman Hidayat menjelaskan, bahwa dalam pesta demokrasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tahun 2021 ini yang akan digelar nanti pada tanggal 5 Mei 2021 perlu adanya persiapan – persiapan yang lebih matang agar supaya nantinya pelaksanaan acara tersebut berjalan dengan lancar dan aman.

Menurut Salman untuk saat ini di Kecamatan Tanah Merah sebagai fasilitator dalam pelaksanaan Pilkades tahun ini sudah melayani beberapa pencalon dari beberapa desa terutama pengurusan Surat Keterangan Catatan Kepolisian ( SKCK) sebagai syarat mutlak untuk menjadi calon Kepala Desa yang akan dipilih. Menurutnya untuk pendaftaran yang akan dimulai tanggal 1 Maret mendatang para pendaftar harus melalui tahapan – tahapan yang telah ditentukan oleh Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) tingkat kecamatan yaitu,

  1. Pendaftaran.
    Para calon harus melengkapi beberapa berkas yang telah ditentuan oleh P2KD dan didaftarkan di kantor Kecamatan Tanah Merah.
  2. Verifikasi data.
    Para calon yang tidak memenuhi syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh P2KD dianggap gugur.
  3. Penetapan.
    Para calon yang sudah terverifikasi dan memenuhi syarat dan ketentuan P2KD akan ditetapkan sebagai calon Kepala Desa yang akan dipilih.
    Tahapan tersebut dimulai pada bulan Maret dan ditetapkan pada bulan April mendatang.
    Ditambahkan pula menurut Salman selaku Camat di Kecamatan Tanah Merah dari 18 kecamatan yang ada di Kabupaten Bangkalan Tanah Merah menduduki peringkat desa terbanyak dalam Pilkades tahun ini yaitu 14 desa yang ikut dalam Pilkades serentak, sedangkan 9 desa lainnya yang ada di Kecamatan Tanah Merah akan mengikuti Pilkades tahun depan paparnya. Dari data yang diperoleh dari Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bangkalan dalam pesta demokrasi Pemilihan Kepala Desa tahun ini sebanyak 120 desa se Kabupaten Bangkalan.
    Salman berharap semoga pelaksanaan Pilkades tahun ini selayaknya berjalan dengan lancar, tertib dan aman seraya mempersilahkan kepada wartawan Radar Post Nasional untuk mencicipi hidangan yang ada dan disudahi dengan silaturrahmi.
    (BIN)

 10 total views,  1 views today

Baca Juga :  Selamatkan Generasi Penerus Bangsa, Babinsa Purwosari Berikan Himbauan Anak Punk

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of