DEMAK,RPN – Waspada bencana banjir dan tanah longsor akibat tingginya curah hujan di wilayah binaan, Babinsa Koramil 10/Guntur Kodim 0716/Demak Sertu Rajikan melaksanakan komuniksasi sosial(komsos) dengan Kepala Desa Temuroso bapak H Muhlisin di Balaidesa Temuroso Kec. Guntur Kab. Demak. Jum’at 15/01/2021.

Komsos yang dilaksanakan Sertu Rajikan bersama perangkat Desa tersebut bertujuan untuk, mensosialisasikan serta mengajak warga masyarakat lainnnya untuk mengantisipasi situasi yang dihadapi saat ini, yaitu cuaca hujan yang cukup tinggi dan dapat berakibat banjir dan tanah longsor.

“Kita harus meningkatkan kewaspadaan karena cuaca saat ini sering hujan, dan menghimbau warga yang berada di bantaran sungai untuk berhati-hati atau mengungsi di tempat yang lebih aman, agar dapat menghindari timbulnya korban jiwa akibat banjir maupun longsor,”

“Dalam kesempatan ini saya juga menghimbau kepada perangkat Desa bila terjadi bencana banjir, maka perangkat desa mengambil langkah-langkah tindakan yang dapat dilakukan antara lain, memberikan tanda-tanda terjadi bencana alam seperti suara sirene di Masjid, Gereja atau memukul tiang listrik, dan menyiapkan wilayah atau lokasi pengungsian yang aman, bagi penduduk,”.

Untuk menghindari terjadinya bencana banjir, Sertu rajikan juga mengajak masyarakat Desa temuroso untuk melaksanakan kegiatan kerja bhakti pembersihan saluran sungai. Selain itu pohon-pohon besar yang berdekatan dengan jarigan listrik agar dibersihkan. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan apabila bencana itu benar-benar terjadi. Ungkap Sertu Rajikan.

Kepala Temuroso Bapak H Muhlisin sangat mengapresiasi kegiatan komsos yang dilakukan Babinsa,” Dengan adanya kegiatan ini dapat menyiapkan langkah antisipasi dalam menghadapi tingginya curah hujan yang dapat berakibat banjir, kita selaku aparat desa akan segera menghimbau warga yang berada di tempat rawan bencana untuk berhati-hati,” tutupnya. (Adi) .

 10 total views,  1 views today

Baca Juga :  Tak Ingin Salah Sasaran, Babinsa Kalianyar Monitoring Pembagian BLT-DD Tahap VIII

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of