BANGKALAN,RPN – Makanan dan minuman dalam kemasan saat ini lagi semarak beredar di pasaran, hal itu membuat orang bingung untuk memilih. Berbagai macam makanan dan minuman terutama makanan ringan atau camilan khususnya yang dijual untuk anak-anak saat ini produk tersebut saling bersaing antar kompetitor untuk meraup keuntungan yang banyak dengan menguasai pasaran paling tinggi. Mereka bersaing dengan harga paling murah dan yang lebih penting adalah produk tersebut mengena di rasa dan nyaman dikonsumsi.

Namun apakah makanan atau minuman tersebut sudah memenuhi syarat untuk dimakan atau diminum,apakah produk tersebut sudah memiliki kandungan nutrisi atau campuran yang sempurna untuk dikonsumsi oleh tubuh kita, hanya pihak produsen yang tahu hal itu.

Yang menjadi pertanyaan adalah ” Apakah pihak-pihak terkait yang mengeluarkan ijin produksi dan ijin pemasaran sudah benar-benar melalui ” Tes Produk “, sehingga produk-produk yang sudah beredar  di pasaran memang betul-betul layak jual. Diharapkan pihak-pihak tersebut lebih berhati-hati dan lebih selektif dalam mengeluarkan ijin produksi dan ijin pemasaran.

Banyak kasus di lapangan yang terjadi khususnya menimpa anak-anak, setelah makan atau minum beberapa produk olahan dalam kemasan yang mengandung pemanis buatan, akibatnya anak-anak mengalami batuk dan pada akhirnya demam. Tidak hanya itu ada beberapa camilan dalam kemasan yang di dalamnya bercampur dengan bahan keras lainnya yang tidak layak dimonsumsi (kotor), sangat memprihatinkan.

Selain berdampak cepat yang dialami oleh konsumen juga berdampak jangka panjang. Timbulnya penyakit kanker, asam urat, diabetes dan lain sebagainya yang sangat membahayakan. Hal ini dikarenakan adanya penumpukan zat-zat kimia yang terkandung dalam tubuh kita selama sekian lama mengkonsumsi makanan dan minuman tersebut.

Baca Juga :  Polsek Sosialisasikan "Stop Pungli"Di KUA Karangtengah

Jadi selayaknya kita sebagai konsumen hendaknya lebih berhati-hati dalam memilih makanan dan minuman dalam kemasan yang ada di pasaran selama ini. Dan yang lebih penting kita harus jeli untuk melihat kandungan yang ada pada produk tersebut, sehingga makanan atau minuman yang kita konsumsi memang benar-benar sudah layak makan atau minum. (BIN)

 150 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of