Sumenep, RPN – Pemerintahan desa Moncek Barat, Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep, Madura Jawa timu distribusikan masker sebagai langkah untuk mengantisipasi dan mencegah penyebaran Covid-19 diwilayahnya.

Langkah nyata ini mengacu pada aturan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Dengan Nomor S.2294/HM.01.03/VIII/2020 Tentang Gerakan Setengah Miliar Masker untuk Desa Aman Covid–19, Instruksi Presiden No 6 tahun 2020, dan Peraturan Bupati No 5 tahun 2020.

“Maka sebenarnya ini soal kedisiplinan, bukan lagi alasan tidak punya masker. Ini tanggung jawab kita semua. Jika aktivitas harian tak memungkinkan dilakukan di rumah, ayo semuanya disiplin mengenakan masker dan cuci tangan,” tegas Rio, sapaan akrabnya,”Jelas Kades Muncek barat melalui Sekretaris desa, H.Moh. Lutfi, S.P, pada Sabtu(26 Desember 2020)

Dia menambahkan, seseorang yang tidak mengenakan masker sangat berpotensi tertular Covid-19. Bagi seseorang yang mengenakan masker, lantas berinteraksi dengan pembawa virus tanpa mengenakan masker, potensi tertularnya mencapai 70 persen. Sedangkan jika orang pembawa virus tersebut mengenakan masker, potensi penularannya turun sampai 30 persen.

“Karena kita tidak ada yang tahu, siapa di antara kita yang pembawa virus ataupun tidak, maka kita harus disiplin mengenakan masker,” ujarnya.

Lebih jauh, lewat program pembagian masker ini, dirinya berinisiatif untuk menyisir warganya yang tidak memiliki dan memberikan pemahaman tentang perlunya memakai masker.

“Alhamdulillah, dengan bantuan masker ini, kita akan sisir kembali warga yang belum memiliki masker untuk dibagikan. Kami tidak ingin ada warga yang tak mengenakan masker dan beralasan karena tak punya,” harapnya

“Dengan program ini, ayo kita bersama-sama cegah dan antisipasi bersama Covid-19 ini di desa yang kita cintai ini,” pungkas H.Moh.Lutfi

Baca Juga :  Jumat Barokah, Jajaran Polres Sumenep Anjangsana Penderita Leukimea

Perlu diketahui, pembagian masker ini sebanyak 5000 masker dan dibagi menjadi 2 tahap.

Zain

 12 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of