Bangkalan, RPN – Sumber daya alam di Bangkalan sebenarnya mempunyai daya tarik sendiri lebih-lebih di sektor pariwisata. Hal tersebut terlihat pasca pembangunan suramadu. Dengan melihat beberapa lokasi yang banyak bermunculan tempat- tempat wisata di Bangkalan maka kemungkinan besar ke depan akan menarik perhatian para wisatawan lokal bahkan sampai wisatawan manca negara.

Untuk mengangkat beberapa wisata di Bangkalan dibutuhkan beberapa strategi yang perlu diterapkan dalam pengembangannya. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata harus punya andil untuk observasi ke berbagai tempat wisata di kabupaten Bangkalan. Selain itu juga perlu adanya bentuk kerja sama antara Pemerintah Kabupaten ( Pemkab) dengan beberapa pihak pengelola tempat wisata sebagai faktor pendukungnya.

Selain itu juga perlu adanya pendekatan sosial terhadap masyarakat dan memberikan sosialisasi serta beberapa penyuluhan tentang dampak positif dan negatif yang kemungkinan terjadi dengan adanya pengembangan wisata alam di lokasi tersebut, sehingga masyarakat dapat lebih memahami dan mengerti tentang “Sadar Wisata” yang nantinya bisa menciptakan suasana yang aman dan kondusif di tempat-tempat Lokasi Wisata yang ada.

Salah satu tempat wisata di Bangkalan yang saat ini digandrungi oleh wisatawan lokal bahkan juga pernah beberapa turis asing dari beberapa negara yang ingin menikmati suasana disana. “Guweh Pote” yang artinya Goa Putih adalah tempat wisata yang menampilkan panorama bukit kapur dengan tebing-tebingnya yang sudah dimodif oleh tenaga-tenaga ahli yang mampu menciptakan corak dan pemandangan yang takjub. Selain itu Guweh Pote juga dilengkapi dengan kolam renang yang cukup lebar.

“Saya sangat suka dengan panorama alam disini” tutur salah seorang wisatawan lokal asal Surabaya setelah diwawancarai oleh wartawan Radar Pos Nasional. Dia juga berharap bahwa seandainya di lokasi ini juga dilengkapi dengan penginapan yang nantinnya akan menambah daya tarik lebih sehingga para wisatawan bisa menikmati alam disini lebih lama lagi.

Baca Juga :  Apel Kesiap Siagaan Penanggulangan Bencana Hydrometeorologi Kabupaten Bangkalan

Ada juga panorama pantai yang letaknya di penghujung Utara Kabupaten Bangkalan yaitu ” Pantai Tlangoh ” tepatnya ada di desa Tlangoh Kecamatan Tanjung Bumi. Pantai Tlangoh yang asri dengan pasir putihnya yang menawan memberikan suasana yang sangat indah.

Tidak sedikit wisatawan asing yang datang kesana untuk menikmati suasana pantainya yang begitu beda dengan pantai-pantai yang lain. Grace salah satu wisatawan dari England menuturkan dalam bahasa Inggris kepada awak media yang artinya ” Pantai disini sangat luar biasa bagaikan mutiara yang terpendan ” ungkapnya sambil menunjuk ke arah pesisir pantai seraya dia tertawa riang.

Dan dia berharap supaya pemerintah setempat bisa mengembangkan pantai Tlangoh ini sebagai tempat wisata pantai yang lebih indah lagi yang nantinya bisa mendatangkan wisatawan dari berbagai negara yang tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai yang ada di Bali dan daerah lainnya.

Selain tempat wisata tersebut masih banyak lagi tempat-tempat wisata di pulau Madura seperti halnya Pantai Siring Kemuning di Tanjung Bumi, Pantai Camplong di Kabupaten Sampang, pantai Nipah, Air Terjun Toroan, Talang Siring, Jumiang di Kabupaten Pamekasan, pantai Slopeng, Lombang di Kabupaten Sumenep.

Selain Madura yang berpotensi dengan nuansa alamnya, Madura juga berbasis Religi yang sangat kuat, juga mempunyai nilai-nilai sejarah dan budaya seperti Karapan Sapi yang sudah terkenal yang merupakan peninggalan budaya leluhur.

Banyaknya potensi pariwisata dan budaya di Madura diharapkan ke depan dapat menjadi sektor andalan yang mampu meningkatkan perekonomian di Madura, sehingga salah satu upaya meningkatkan lapangan pekerjaan dan pendapatan daerah dan pendapatan negara.

BIN

 144 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of