Demak, RPN – Mengantisipasi serta mengatasi sejak dini bencana banjir saat musim hujan Babinsa dan masyarakat Desa Wonosari, Kecamatan Bonang, Kabupaten Demak, melakukan kerja bakti pembersihan sungai, Jumat (18/12/2020).

Babinsa Wonosari Koramil 02/Bonang Kodim 0716 Demak, Koptu Faishol, mengatakan, pihaknya bersama warga bergotong royong membersihkan sampah plastik yang mengendap di sepanjang Sungai Desa Wonosari. Dalam kegiatan itu, Babinsa bersama warga mengangkat endapan sampah serta rumput-rumput liar yang menyumbat dan bisa mengakibatkan banjir serta pencemaran sungai.

“Pembersihan sungai ini sebagai langkah awal antisipasi dan penanggulangan pencemaran sungai serta terjadinya banjir akibat banyaknya endapan sampah yang menutupi permukaan aliran sungai.

Gotong royong pembersihan aliran sungai sangat penting agar sungai tidak tersumbat oleh sampah dan tumbuhan di pinggiran sungai. Apabila aliran sungai tersumbat di musim penghujan seperti ini, maka air sungai akan meluap dan membanjiri perumahan di sekitar sungai.

Diharapkan, aksi bersih – bersih sungai ini dapat menginspirasi masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan sungai,menyiapkan segala hal untuk mengantisipasi banjir di musim hujan. Salah satunya dengan membersihkan sungai atau parit agar alirannya lancar tidak mampet, tuturnya.

Terpisah Danramil 02/Bonang kapten Inf Triyono mengatakan kegiatan yang di lakukan para Babinsa ini merupakan salah satu langkah untuk mengantisipasi bencana banjir di desa binaan. Menurutnya, Rumput liar serta endapan sampah yang berada di aliran sungai ini menyebabkan aliran air sungai rawan mampet saat musim hujan.terangnya.

Adi/Daniel

 95 total views,  1 views today

Baca Juga :  Polda Jatim dan Polres Jajaran Serentak Ngaji Kitab Kuning

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of