Banyuwangi,RPN – Hasil sementara quick count (QC) Pilbup Kabupaten Banyuwangi versi LSI Denny JA telah mencapai 100 persen. Hasilnya, pasangan Ipuk Fiestiandani-Sugirah unggul atas rivalnya Yusuf Widyatmoko-Muhammad Riza Aziziy berdasarkan hitung cepat.

Berikut data quick count Pilbup Kabupaten Banyuwangi versi LSI Denny JA hingga pukul 16.30 WIB dengan 100 persen data yang sudah masuk, Rabu (9/12/2020).

Yusuf Widyatmoko-Muhammad Riza Aziziy: 46,98%
Ipuk Fiestiandani-Sugirah: 53,02%

Ipuk-Sugirah Unggul
Ipuk Fiestiandani adalah istri Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Ipuk bergandengan dengan Sugirah, yang menjadi calon Wakil Bupati dari PDIP. Sugirah adalah anggota DPRD Banyuwangi saat ini.

Quick count atau hitung cepat adalah metode verifikasi hasil pemilihan kepala daerah yang dilakukan dengan menghitung persentase hasil pemilu di tempat pemungutan suara (TPS) yang dijadikan sampel. Hasil quick count ini merupakan hasil sementara. Hingga saat ini, data terbaru masih masuk ke lembaga survei yang mengadakan quick count.

Data quick count bukan hasil resmi Pilkada 2020. Hasil resmi pemilu menunggu penghitungan suara secara manual dari KPU.

Peneliti LSI dan Coordinator Area Jawa Timur-Bali Imam Fauzi Surahmat mengatakan, quick count ini didasarkan fakta perolehan suara di masing-masing TPS, namun data yang diperoleh terbatas hanya data suara yang diperoleh kandidat.

“Dengan semua data yang sudah masuk sebanyak 100 persen mempunyai resiko kesalahan perhitungan atau margin error kurang lebih 1 persen,” kata Imam dalam konferensi pers, yang digelar di Hotel Kokoon.

Imam meyakini dari hasil tersebut tak ada perbedaan yang signifikan dengan perbedaan perhitungan oleh KPU nantinya.

“Dengan demikian sudah layak untuk mengucapkan selamat kepada masyarakat Banyuwangi telah memiliki pemimpin baru, yakni Ipuk-Sugirah,” tegas imam.

Baca Juga :  Lagi, Menyambut Hari Polantas ke-65, Satlantas Polres Sumenep Lakukan aksi Donor Darah

(Taufiq)

 90 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of