Simulasi pemungutan dan penghitungan suara KPU Sidoarjo bersama Polresta Sidoarjo Sabtu (5/12/2020)

Sidoarjo, RPN – Polresta Sidoarjo bersama dengan Polresta Sidoarjo bersinergi untuk menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara dalam Pemilhan Kepala Daerah (Pilkada) Sidoarjo di Mako Polresta Sidoarjo siang ini. Sabtu (05/12/2020).

Selain itu dalam Simulasi pemungutan suara ini dihadiri PJ.Bupati Sidoarjo, Ketua KPU Sidoarjo Mukhamad Iskak ,serta Forkopimda Kabupaten Sidoarjo.

Ketua KPU Sidoarjo dalam sambutanya mengatakan pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Kapolresta Sidoarjo Kombespol Sumardji yang sudah bersinergi dengan KPU Sidoarjo demi kesuksesan Pilkada 2020 , dengan memberikan fasilitas untuk simulasi siang ini yang menjadikan acuan dalam melaksanakan proses dalam tahapan dan pemungutan dan penghitungan suara.

Lebih lanjut iskak menambahkan ” KPU Sidoarjo beberapa hari yang lalu juga telah menyelenggarakan Bimtek ( Bimbingan teknik ) pada seluruh penyelenggara PPS, PPK, serta KPPS , maka hari ini kita melaksanakan pemantapan bimbingan teknik yang sudah kita laksanakan dengan kegiatan simulasi ini.

Pada acara simulasi siang ini dihadiri juga PJ Bupati Sidoarjo Hudiyono beserta Forkopimda Kabupaten Sidoarjo.

Dalam sambutanya, Ketua KPU Sidoarjo Mukhamad Iskak memaparkan bahwa sebelumnya ia sangat berterimakasih kepada Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumardji karena telah memberikan fasilitas dan dapat bersinergi dengan KPU menjelang Pilkada Sidoarjo dan selanjutnya ia mengatakan simulasi siang ini menjadi gambaran bersama untuk melaksanakan seluruh proses dalam tahapan pemungutan dan penghitungan suara.

“Beberapa hari yang lalu kita telah melaksanakan bimbingan teknik kepada seluruh penyelenggara PPK, PPS dan KPPS. Dan hari ini kita melakukan pemantapan atas bimbingan teknik yang sudah kita laksanakan dengan melakukan simulasi.

” Pilkada 2020 ini tentunya berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena itu simulasi ini dilaksanakan untuk memaparkan proses pemilihan dalam situasi psndemi Covid-19 dalam pilkada nanti yang harus tetap menerapkan protokol kesehatan , dengan melakukan penyemprotan desinfektan, pengecekan suhu tubuh , mencuci tangan , serta menjaga jarak saat menunggu proses pemilihan dan tetap memakai masker” jelas iskak.

Baca Juga :  AKP Meby Trisono resmi menjabat Kasat Intelkam Polresta Sidoarjo Gantikan Kompol Edi Hartono

Nah simulasi ini merupakan miniatur dari seluruh proses rangkaian pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Sidoarjo tanggal 9 Desember 2020 nanti,” Ujar Mukhamad Iskak.

Sementara itu Miftakhul Rohmah selaku anggota komisioner KPU Sidoarjo mengatakan ” kita melaksanakan simulasi hari ini adalah pertama agar petugas kita nanti bisa menerapkan penyelenggarakan pemilihan ini dengan tetap sesuai protokol kesehatan, kedua tujuannya adalah menyampaikan kepada masyarakat untuk tidak takut datang dan memilih ke TPS karena petugas kita ini semuanya menggunakan protokol kesehatan dan semua petugas juga sudah melakukan rapid tes ” urainya.

Ia menambahkan ” sedangkan untuk pemilih yang berada di Rumah Sakit atau sedang menjalani rawat inap tetap bisa mengikuti proses pemilihan namun dengan tata cara yang akan di sosialisasikan selanjutnya ” kata rohmah.

“ Selain itu ada 2 mekanisme yang dapat masyarakat lakukan apabila sedang menjalani rawat inap di rumah sakit. Pertama mereka bisa membawa Form surat A5 atau surat pindah pemilih yang nantinya petugas kita akan kesana untuk melayani mereka yang menggunakan surat A5″. ungkapnya.

“Sementara cara yang kedua untuk pasien yang sudah terindikasi covid19 , akan kita koordinasikan lagi dengan petugas Gugus Depan Covid19 untuk kebijakan bagaimana pasien yang berada pada fase karantina atau isolasi, apakah nanti kita tetap bisa ikut masuk namun dengan syarat tertentu atau nanti kseperti apa akan kita sosialisasikan kembali,” pungkasnya.

Nk

 66 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of