Semarang,RPN – Yayasan Jantung Indonesia Cabang Utama Jawa Tengah dan Ikatan Pelatih Klub Jantung Sehat (IPKJS) kota Semarang tanggal 11 Nopember 2020 bersama – sama memperingati hari ulang tahun Yayasan Jantung Indonesia yang ke 39 dan Ulang tahun Ikatan Pelatih Klub Jantung Sehat (IPKJS) Kota Semarang yang ke 1 di Taman Indonesia Kaya Semarang, Hadir dalam peringatan itu segenap pengurus Yayasan Jantung Indonesia Cabang Utama Jawa Tengah, para pelatih Klub Jantung Sehat Kota Semarang dan para pesenam jantung sehat.

Acara peringatan berlangsung singkat disertai senam bersama. Dalam sambutannya Hj. Sri Lestari Soediro, SE, SH, MH selaku Ketua Yayasan Jantung Indonesia Cabang Utama Jawa Tengah mengatakan bahwa peringatan kali ini berlangsung singkat dan tidak dilakukan secara besar – besaran seperti tahun – tahun sebelumnya mengingat saat ini masih dalam masa pandemi covid-19. “Tema peringatan tahun ini adalah Use Hearts to be Heart (Cardiovascular) Disease”, kata Sri Lestari.

“Yang dimaksud dengan Hearts disini meliputi Healthy lifestyle, Evidence-based treatment protocols, Access to essential medicines and technology , Risk-based management, Team care and task-sharing, Systems for monitoring.

Fokus pada penyakit jantung dalam peringatan tahun ini antara lain dikarenakan bahwa hingga saat ini penyakit-penyakit kardiovaskular merupakan penyebab kematian nomor 1 sedunia dan menyebabkan 17,9 juta kematian setiap tahunnya. Sekitar 4 dari 5 kematian yang terjadi akibat penyakit kardiovaskular terjadi karena serangan jantung dan stroke. Sedangkan sebanyak 75% dari kematian akibat penyakit kardiovaskular terjadi di negara dengan pendapatan rendah sampai menengah”, lanjutnya.

“Meskipun saat ini mulai memasuki era new normal, protokol kesehatan harus tetap dilakukan, yakni dengan 3 M yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer, menjaga jarak/ menghindari kerumunan. Selain itu Kita juga perlu meningkatkan imunitas tubuh Kita antara lain dengan cara berolahraga. Mari kita tetap ingat Panca Usaha Jantung Sehat agar jantung kita tetap sehat. Ingat , singkatan SEHAT, yakni Seimbangkan gizi, Enyahkan rokok, Hadapi dan atasi Stress, Awasi tekanan darah dan Teratur Berolahraga”, pesan Sri Lestari.

Baca Juga :  TNI AD Bangun SDM Unggul Melalui Diklat Vokasi

Sanky

 12 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of