Demak,RPN – Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID – 19 meluncurkan aplikasi berbasis gawai Bersatu Lawan COVID. Aplikasi Bersatu Lawan COVID (BLC) mempermudah masyarakat untuk menyikapi dan merespons Coronavirus disease 2019 atau COVID – 19.
BLC, aplikasi berbasis gawai atau telepon pintar, memiliki beberapa fitur fungsi.

Melalui akses BLC, masyarakat dapat mengetahui kerentanan lokasi persebaran COVID – 19 di sekitar. Dengan tampilan secara spasial, sebaran COVID – 19 dapat dilihat secara mudah sehingga mereka dapat membangun kewaspadaan.

Dalam mencapai keberhasilan penanganan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID – 19 itu Pasilat Korem 073/Makutarama Mayor Kav J. Manurung memberikan sosialisasi aplikasi Bersatu Lawan COVID (BLC) di aula Makodim 0716/Demak, Selasa (17/11/2020).

Mayor Kav J. Manurung mengatakan agar para Babinsa bisa lebih aktif lagi dalam menjalankan tugas percepatan penanganan Covid-19, karena tugas ini mulia mengingatkan warga masyarakat dalam kesehatan dan mencegah penyebaran Covid-19. “Mari kita berlomba-lomba dalam kebaikan,” ucapnya.

Sistem ini dirancang untuk menghasilkan data yang realtime, terintegrasi, sistematis, interoperabilitas, dan sistem yang melibatkan koordinasi antar lintas sektor. .
Selain itu, aplikasi ini membantu masyarakat untuk mendeteksi gejala COVID – 19. Apabila ada situasi masyarakat merasakan gejala yang dikenali, ini membantu untuk mempercepat konsultasi dan pemeriksaan diri oleh tenaga kesehatan pada tahap awal.

Kewajiban Babinsa melaporkan tugas percepatan penanganan Covid-19 melalui Sistem BLC (Bersama Lawan Covid-19), Monitoring Perubahan Perilaku yang diluncurkan Satgas Percepatan Penanganan Covid-19.
BLC membantu masyarakat untuk mengenali ancaman maupun bahaya COVID – 19 sehingga mereka dapat juga mengurangi risiko yang lebih besar.

“Melalui sistem ini, petugas di lapangan terutama Babinsa dapat memasukkan berbagai data terkait dengan pelanggaran protokol kesehatan yang dilakukan masyarakat di lokasi-lokasi pengawasan secara real time,” ucap Manurung.

Baca Juga :  HUT Korem 073 Makutarama Ke 59 adakan Ziarah

Adi/Joko

 3 total views,  3 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of