Kediri,RPN – Semakin Maraknya pembukaan lahan digunung Wilis membuat sejumlah aktifis lingkungan khawatir, mereka takut jika penggundulan lahan terjadi secara trus menerus akan mengakibatkan longsor atau pun banjir pada daerah di hilir atau pun minimnya ketersediaan air.

Tim Relawan (Perkawis) Pelestari Kawasan Wilis Kediri, telah menemukan hutan gundul di wilayah Goliman, Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri. Hal itu menunjukan bahwa deforestasi atau penebangan hutan di kawasan pegunungan wilis kembali terjadi.

Guna mencari solusi atas deforestasi atau penebangan pohon di hutan yang dekat dengan Air Terjun Ngleyangan itu, Tim Relawan Perkawis bersama FKH, Suar, TSBD Laras Wilis Kalipang, Yayasan Hijau Daun, Forum Pojok Rembuk dan Forum Jurnalis Hijau (FJH) Kedri, mengecek langsung kondisi hutan yang gundul tersebut.

Budiman, Ketua Perkawis Kediri menjelaskan bahwa hutan yang rusak akibat penebangan liar ini, seluas sekitar 35 hektare. Menurut Budiman, hutan di kawasan Goliman yang masuk KPH Perhutani Kediri ini sudah lama terjadi deforestasi, yaitu perubahan secara permanen dari areal berhutan menjadi tidak berhutan yang diakibatkan oleh kegiatan manusia.

“Atas fakta tersebut, sangat dikhawatirkan akan terjadi peningkatan resiko bencana hidrometrologi, yaitu berkurangnya ketersediaan air, terjadi banjir, dan longsong bila musim hujan,” kata Budiman, Sabtu (17/10).

Maka dari itu, lanjut Budiman, Pegiat Pelestari Kawasan Wilis dan Lintas Komunitas Pecinta Lingkungan di Kediri mendorong Perhutani mengembalikan fungsi hutan dan menghentikan alih fungsi di hutan lindung.

“Kami juga mendorong semua pihak, baik pemerintah dan elemen masyarakat sipil, melakukan komitmen menjaga hutan, khususnya di kawasan wilis agar terwujud cagar alam Wilis,” imbuh Budiman.

Tim Relawan sendiri usai meninjau langsung kerusakan hutan di kawasan Gunung Wilis, juga menggelar acara deklarasi penyelamatan hutan Wilis. 

Baca Juga :  Antisipasi Banjir, Polisi Gotong-royong Bersihkan Kali Tuntang di Demak

Zan

 37 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of