Demak,RPN – Danramil 12/Mranggen Kodim 0716/Demak Kapten Arm Sukartiyo bersama anggota Koramil mengikuti apel gabungan kesiapsiagaan penanggulangan bencana tingkat Kecamatan Mranggen, Jumat (13/11/2020).

Apel yang digelar di halaman kantor kecamatan ini dipimpin Camat Mranggen Wiwin Edi Widodo, dan diikuti juga oleh Kapolsek Mranggen Iptu Sigit beserta anggotanya, Kepala desa se-Kecamatan Mranggen, Linmas, relawan BPBD dan Satpol PP.

Menurut Wiwin, apel kesiapsiagaan bencana ini guna meningkatkan kesiapsiagaan seluruh komponen pemerintah dan masyarakat yang ada di Kecamatan Mranggen dalam menghadapi ancaman bencana hidrometeorologi, seperti banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung.

“Apel ini bertujuan agar kita semua selalu siap dan tanggap akan bencana, sehingga dapat mencegah atau meminimalisir kemungkinan terjadinya bencana, terlebih saat musim penghujan,” katanya.

Apel tersebut, lanjut Camat Wiwin, bertujuan untuk meningkatkan koordinasi para stakeholder terkait di Kecamatan Mranggen dalam menghadapi bencana alam di musim hujan. Disamping juga untuk mengajak masyarakat dalam meningkatkan kewaspadaan menghadapi bencana.

“Disini kita juga berikan pemahaman tentang penanganan bencana kepada para pemangku kepentingan dan relawan. Dengan demikian, apabila terjadi bencana alam, kita sudah siap dan tanggap,” tegasnya.

Sementara Danramil 12/Mranggen Kapten Arm Sukartiyo, saat ditemui seusai acara menyatakan, pihaknya dalam hal ini Koramil 12/Mranggen selalu siap membantu pemerintah dan masyarakat apabila sewaktu-waktu terjadi bencana.

Dijelaskannya, Kecamatan Mranggen merupakan daerah yang memiliki banyak potensi. Namun dibalik itu, dari komposisi geografis, geologis, hidrologis, dan demografis, Kecamatan Mranggen juga menyimpan potensi bencana yang diakibatkan faktor alam maupun nonalam.

“Oleh karenanya, kita gelar apel kesiapsiagaan untuk antisipasi terjadinya bencana alam. Baik jajaran pemerintah, TNI, Polri, relawan dan warga masyarakat harus siap dalam upaya mengurangi resiko terjadinya bencana,” tegas Kapten Sukartiyo.

Baca Juga :  Banjir di Tanggulangin tak Kunjung surut, Pemkab Sidoarjo Libatkan ITS

Adi/Dnl/Nas

 32 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of