Way Kanan,RPN – Kayanya Tradisi dan Adat Budaya yang ada di Indonesia memang tak diragukan lagi dan sudah di akui dunia.

Beragam Tradisi yang ada salah satu nya yaitu tradisi Keceran,salah satu tradisi dari salah satu perguruan Pencak Silat TTKDH yg Mayoritas anggota nya terdiri dari Suku Sunda yang diadakan satu tahun sekali yang di laksanakan di kediaman Bapak Kanil Pimpinan Pencak Silat TTKKDH di Kampung Bengkulu Kecamatan Gunung Labuhan Kabupaten Waykanan Kamis 12 November 2020.

Yang mana ritual Keceran tersebut membersihkan pandangan Mata dan mempertajam penglihatan bagi Murid yang bergabung di Pencak Silat TTKDH dan bagi suku Sunda dipercaya bisa mengobati penglihatan kita dengan cara meneteskan air bening yang disertai Senjata Pusaka berupa Belati yang sangat tajam yang di balut dengan daun Sirih Oleh Bapak Kanil selaku Pimpinan Perguruan Pencak Silat TTKKDH Kampung Bengkulu Kecamatan Gunung Labuhan.

Acara Keceran inipun di hadiri Herman,SH selaku Ketua MPC Pemuda Pancasila Waykanan, Junaedi PJ Kampung Bengkulu, Tokoh Masyarakat dan tamu Undangan lain nya.

Acara Keceran ini pun di Meriahkan dengan pertunjukan Gendang Pencak dari Perguruan Silat TTKKDH/Macan Putih Kampung Bengkulu, Gunung Labuhan yang di Ketuai Bapak Kanil, dari Desa Bengkulu, yang mana pertunjukan nya sangat menghibur tamu Undangan dan para Penonton.

“Saya sangat mendukung ada nya perguruan silat TTKKDH yg ada di Kecamatan Gunung Labuhan ini,yg mana kita ketahui Kabupaten Waykanan ini banyak Suku dan Agama, otomatis Tradisi dan Adat Budaya nya pun banyak, ya salah satu nya ritual Keceran yang ada di Perguruan Silat TTKKDH ini yg mana anggota nya Mayoritas dari suku Sunda khusus nya di Kampung Bengkulu Kecamatan Gunung Labuhan ini”.Ucap Herman yg juga di Nobat kan sebagai Pembina oleh Pimpinan Perguruan Pencak Silat TTKKDH di Kampung Bengkulu Kecamatan Gunung Labuhan.

Baca Juga :  Polsek Way Tuba Ringkus Pelaku Cabuli Anak di Bawah Umur

“Harapan saya Perguruan Silat TTKKDH ini bisa lebih mempererat tali silaturahmi antar Suku, Budaya dan Agama yang ada khusus nya di Kecamatan Gunung Labuhan ini dan umum nya di Kabupaten Waykanan”.Sambung Nya.

Menurut Bapak Kanil selaku Pimpinan Pencak Silat TTKKDH di Kampung Bengkulu Kecamatan Gunung Labuhan, diri nya sangat berterimakasih Kepada Seluruh tamu Undangan yang menyempatkan diri untuk hadir dalam acara ini, khusus nya untuk Bapak Herman,SH yang berkenan untuk menjadi Pembina Mereka.

“Saya Sangat berterima kasih kepada seluruh tamu undangan yang telah ikut mensukseskan acara kami ini,dan suatu kebanggaan tersendiri bagi kami karena Bapak Herman berkenan menjadi Pembina di perguruan kami ini di bawah naungan Pemuda Pancasila yang di pimpin Nya”.Ujar Pak Kanil.

“Harapan kami perguruan Pencak Silat TTKKDH yang ada di Kampung Bengkulu ini bisa lebih maju dibawah Naungan Pemuda Pancasila Kabupaten Waykanan”. Tutupnya.

Candra

 39 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of