Demak,RPN – Kemanunggalan TNI-rakyat merupakan roh dari system pertahanan rakyat semesta yang menjadi system pertahanan TNI dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Jika dahulu pada saat zaman penjajahan, kemanunggalan TNI-rakyat dibuktikan dengan bersama-sama melawan penjajah, saat ini kemanunggalan dibuktikan dengan kebersamaan dalam membangun wilayah.

Seperti yang dilakukan anggota TNI Koramil 06/Wedung Kodim 0716/Demak bersama warga dalam membuat Pintu irigasi di Desa Tempel Kecamatan Wedung, Selasa (10/11/2020).

Serma Wahyu Dwijaya Kusuma, selaku tertua dalam kerja bhakti mengatakan, TNI dalam hal ini Koramil 06/Wedung bersama-sama masyarakat membuat pintu irigasi guna memperlancar pengaturan pengairan ke sawah-sawah milik warga.

“Pintu Irigasi ini berfungsi untuk menaikkan muka air, sehingga air dapat mengalir ke sawah warga,” ujarnya.

Dijelaskannya, keterlibatan anggota Koramil dalam kerja bhakti tersebut sebagai bentuk kepedulian kepada warga dalam hal pembangunan di wilayah. Terlebih pembuatan bendungan irigasi merupakan hal yang sangat vital, mengingat sebagian besar warga Desa Tempel bermatapencaharian bercocok tanam.

“Inilah bentuk kemanunggalan TNI-rakyat. Karena tidak dipungkiri, bahwa rakyat merupakan ibu kandung TNI. Semoga dengan dengan dibuatnya bendungan irigasi ini, harapannya sawah milik warga dapat teraliri air, sehingga proses pertanian dapat berlangsung dengan lancar, sehingga menghasilkan produksi padi yang berkualitas dan melimpah,” tegas Wahyu.

Dnl/Nas

 79 total views,  1 views today

Baca Juga :  Babinsa Mulyorejo Hadiri Musdes Optimalisasi Desa Siaga Hadapi Pandemi Covid-19

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of