Jombang,RPN – Dengan metode jalan cepat atau lari-lari kecil dalam waktu 6 menit, karyawan BLUD Puskesmas Jatiwates mengikuti tes kebugaran yang diselenggarakan dihalaman pada hari jumat 9 oktober 2020.

Kegiatan yang dilaksanakan kali pertama pada era pandemi covid19 ini, dilaksanakan oleh programer kesgaor (kesehatan olahraga). Selain tes kebugaran juga dilakukaan kegiatan lintas program dengan programer PTM (Penyakit Tidak Menular), Programer UKK (Usaha Kesehatan Kerja) dan Laboratorium yaitu pemeriksaan tekanan darah, tes gula darah, kolestrol dan asam urat.

Walaupun pada masa pandemi, kegiatan tes kebugaran dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan. Menurut program nasional kegiatan ini dilakukan setiap 3 bulan sekali namun hal ini tergantung dalam perencanaan masing-masing puskesmas.

Tujuan diadakannya tes kebugaran adalah untuk mengetahui tingkat kebugaran karyawan BLUD PKM Jatiwates, diharapkan tingkat kebugaran akan meningkat dan karyawan tidak mudah capek/lelah. Kegiatan diawali dengan pengukuran tekanan darah dilanjut dengan pemanasan sebelum kegiatan inti dimulai.

Dalam pelaksanaan tes kebugaran, panitia menyiapkan lintasan dengan jarak 50 meter dengan pemberian tanda disetiap jarak 5 meter. Karyawan diminta untuk jalan cepat/ lari-lari kecil selama 6 menit dan akan dihitung berapa banyak lintasan yang bisa dilalui untuk menghitung jarak tempuh. Prinsip dalam pengukuran kebugaran ini adalah menghitung jarak tempuh yang dibutuhkan masing-masing peserta dalam kurun waktu 6 menit.

Peserta yang mengikuti tes kebugaran ini ada 36 karyawan dengan 7 karyawan laki-laki dan 29 karyawan perempuan. Secara global hasil dari tes kebugaran ini dikategorikan menjadi gagal, kurang sekali, kurang, cukup, baik, dan baik sekali.

Dari kategori tersebut terdapat 2 karyawan gagal diukur karena sedang hamil, 1 karyawan kurang sekali, 1 karyawan kurang, 12 karyawan kategori cukup, 13 karyawan kategori baik dan 13 karyawan kategori baik sekali.

Baca Juga :  Penyerahan CSR Bank Jatim Dan Launching E - BPHTB

“Berkenaan dengan hasil karyawan pada tes kebugaran ini, saya selaku kepala BLUD Puskesmas Jatiwates memberikan rencana tindak lanjut atau anjuran bagi karyawan yang memiliki kategori kurang sampai dengan cukup untuk meningkatkan kebugaran dengan rajin berolahraga dan menjaga pola makan, hal ini pun dapat menunjukkan bahwa pegawai kesehatan juga tidak selalu dalam keadaan bugar, jadi harus tetap konsisten dalam upaya menjaga kesehatan diri”. Pungkasnya.

Seco

 69 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of