Samosir, RPN – Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kab. Samosir menggelar Festival Ulos dengang mengusung tema “Torsani Sibolang” yang akan berlangsung selama tiga hari pada tanggal 15 s.d 17 Oktober 2020 di Open Stage pangururan dan Gedung Balai Serafhim Pangururan, Kamis (15/10/2020).

Adapun ajang yang di perlombakan untuk festival ulos antara lain Fashion Show busana Ulos yang diiukuti oleh peserta dari tingkat Tk/Paud sampai dengan SMA dan penilean lomba Bertenun Ulos Sibolang dan Stola Bintang Maratur yang bertujuan untuk mengembangkan dan pelestarian kekayaan budaya lokal khususnya ulos sebagai warisan budaya batak dalam kemajuan kebudayaan Indonesia.

Dalam sambutannya Pjs. Bupati Samosir Lasro Marbun menyampaikan selamat dan sukses atas terselenggaranya Festival Ulos, “Ulos merupakan ciri khas suku batak yang perlu kita jaga, pelihara dan dikembangkan, Ulos merupakan peninggalan berharga yang harus kita lestarikan kepada generasi penerus agar tidak tertindas oleh kemajuan jaman yang akan datang”, ujar Pjs Bupati Samosir.

Dengan Festival Ulos ini diharapkan dapat menumbuh kembangkan rasa bangga memakai busana ulos bagi generasi muda sebagai suku batak, dengan semakin berkembangnya budaya Ulos batak diharapkan dapat menambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung di Samosir.

Jurnalis : Jackson Pandiangan

 103 total views,  1 views today

Baca Juga :  Suka Duka Babinsa Batursari Koramil 12/Mranggen Di Tengah Maraknya Pemakaman Covid-19

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of