Semarang,RPN – Saat ditemui di kantornya BPBD Winarsono mengatakan Kepada awak media Radarpostnasional terkait antisipasi bencana di beberapa titik dikota Semarang.

“Tercapainya masyarakat kota Semarang yang tangguh ini cita-cita kami sebagai anggota BPBD yang setiap saat harus sigap dan siap ini visi kami”.ucap Win panggilan akrab dikantornya.

Meningkatkan profesionalisme aparatur Badan Penanggulangan Bencana Daerah kota (BPBD) Berdedikasi tinggi peduli serta antisipasi pengembangan tata kelola penanggulangan bencana dan pemberdayaan masyarakat dalam penanggulangan bencana. Meningkatkan ketahanan Lingkungan di bidang pencegahan dan penanggulangan kepada masyarakat. Meningkatkan kerja sama dengan instansi-instansi terkait. Lanjut Win saat menjelaskan visi misi.

Himbauan dari BPBD Win kota Semarang kepada masyarakat khususnya diwilayah yang riskan banjir dan longsor.

“Hindari daerah yang mudah longsor bila terjadi hujan lebat dan tetap waspada. Lakukan koordinasi dengan pihak RT dan RW atau pemerintah desa atau kelurahan, Camat, Muspika dan puskesmas terdekat atau BPBD untuk melakukan Evaluasi korban terlebih dahulu jika Anda warga yang terisolir.vBila ada bencana”.ucapnya

Bila terjadi banjir atau longsor saya harap buat masyarakat dilokasi tersebut untuk menuju Lokasi yang telah disiapkan untuk masyarakat yang terdampak bencana yang ditentukan oleh permintah Daerah.

Kami akan melakukan pendataan warga tersebut.Dan kita juga akan mendata kerusakan fasilitas umum serta Infrastruktur jalan, Jembatan, sekolahan Dan tempat Ibadah serta yang lainnya. kami akan berkoordinasi dengan kantor Induk.

Masih himbauan dari BPBD kepada masyarakat Semarang untuk waspada akan adanya bencana apalagi disaat ini hujan sering turun.pungkasnya

Dalam rangka persiapan datangnya musim hujan BPBD kota Semarang telah mempersiapkan segala sesuatunya kita mengadakan sinergitas antar lembaga seperti instansi terkait BPBD yang di kota Semarang maupun yang ada di wilayah. Seperti BBWS dan Basarnas dan BMKG dan Distaru provinsi.

Baca Juga :  Puluhan Mahasiswa Unisba KKN di Karanggayam, Kepala Desa Terjun Langsung Ditengah Masyarakat

Termasuk kita di BPBD ada juga mitra ya itu kelurahan siaga bencana itu terkait kesiap Siahaan disamping itu dari BPBD juga mempersiapkan Logistik seperti sembako juga sarana yang lain seperti tikar terpal selimut itu support dari provinsi.

Yang ketiga juga kita mengadakan pemberdayaan SDM dari kelurahan siaga bencana untuk menambah ketrampilan berlatih penyelamatan banjir. Kita berlatih di kali banjir kanal barat kemudian kita juga persiapkan peralatan. Seperti Perahu karet dan adajuga dapur umum kita juga persiapkan alat-alat seperti gergraji sinsou bila ada pohon tumbang yang harus kita potong menggunakan gergaji sinsauo untuk mengantisipasi karena angin puting beliung biasanya terjadi pohon tumbang.

“Tahun ini kita juga sudah menambah alat DAS Seperti di bringin Ngaliyan titiknya ada tiga selain di Ngaliyan juga ada di Wates Mangkang Witan .dan kita selalu senantiasa ada alat komunikasi seperti HT dan telepon. Dan kita ada grup medsos internal kami agar termonitor dengan cepat bila ada kejadian dimana saja. Intinya kami siap 24 JAM”. pungkasnya.

Adi

 95 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of