Purwakarta, RPN – Proyek pembangunan MCK salah satu Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) di Kabupaten Purwakarta, mulai jadi sorotan. Diantaranya, proyek MCK SMPN 1 Wanayasa,Sabtu (10/10/2020).

Pasalnya, pekerjaan proyek MCK dengan anggaran ratusan juta rupiah tersebut sudah berjalan beberapa hari, namun tidak disertai dengan papan nama proyek.

Pantauan media radarpostnasional.com, proyek yang dikerjakan tanpa menggunakan papan nama terindikasi sebagai trik untuk menutupi besar anggaran dan sumber anggaran.

Semeatinya pihak pemborong ataw kontraktor memasang papan nama waktu mulai pekerjaan. Karena, pemasangan papan nama proyek tersebut merupakan implementasi azas transparansi, sehingga masyarakat dapat ikut serta dalam proses pengawasan.

Sesuai amanah Undang – Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 Tahun 2008 dan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 Tahun 2012, dimana mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai nehara wajib dipasang papan proyek.

Papan nama tersebut memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek dan nilai kontrak serta jangka waktu ataw lama pekerjaan.

Sementara saat dikonfirmasi, Kepala SMPN 1 Wanayasa mengatakan, itu pekerjaan MCK anggaranya bersumbee dari Banprov dan saya disini hanya menerima kunci, yang mengerjakan pihak ketiga ataw pemborong, terkait papan nama kemaren sudah kita tanyakan kepihak pemborong dan juga dari tim sarana sudah menegur, alasannya papan nama masih di print,”Pungkasnya.

Saya harap kepada dinas terkait dan aparat penegak hukum segera mengkroscek kelokasi.

Maman

 43 total views,  1 views today

Baca Juga :  Pj Kepala Desa Salem Bagikan Bantuan Sosial (Bansos) Dan Masker Ke Warganya

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of