Sidoarjo, Radar Post Nasional – Pembangunan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Yang Ada Di 16 Wilayah Desa / Kelurahan Pada 7 Kecamatan Kab. Sidoarjo, Khususnya Pembangunan “DRAINASE” Program Kotaku Yang Ada Di Kel. Lemah Putro Senilai Rp. 2 Milyar, Menyisakan Permasalahan Hingga Berita Ini Diturunkan Belum Ada Respon Serius Dari Aparat Penegak Hukum.

Meskipun H. Idham Kholid SH. MH Selaku Kasi Intel Kejari Sidoarjo Sudah Melayangkan Surat Laporan Kepadaa Dinas Insperktorat Kab. Sidoarjo Bahwa Program Kotaku Kel. Lemah Putro Ada Ketidak Sesuaian Pertanggung Jawaban Dana APBN 2019 Kementerian PUPR Untuk Program Kotaku  Di Kel. Lemah Putro Kab. Sidoarjo.

Kementrian Pekerjaan Umum Perumahan Dan Permukiman (PUPR) Melalui Direktorat Jendral Cipta Karya Mengucurkan Dana APBN 2019 Sebesar Rp. 21,5 M Untuk Pembangunan Program Kotaku Guna Mempersempit Wilayah Permukiman Kumuh Di Wilayah Kab. Sidoarjo. Dalam Tekhnik Pelaksanaannya Terindikasi Adanya Dugaan Konspirasi, Korporasi Dan Manipulasi Birokrasi Pada Sistem Pengadaan Barang Dan Jasa Khususnya Pembangunan Drainase Di Kel. Lemah Putro.

Awak Media RPN dan Rekan TIM Pada Bulan November Sampai Desember 2019 Melakukan Investigasi Dan Menemukan Beberapa Kejanggalan Pada Sistem Pengadaan Barang Dan Jasa Juga Pada Sistem Pelaksanaan Pekerjaan Tidak Sesuai Dengan Spesifikasi Teknik Maupun Gambar Perencanaan.

Dipenghujung September 2020, salah satu rekan tim Kembali Menemui H. Idham Kholid SH. MH Selaku Kasi Intelijen Kejari Sidoarjo Untuk Menanyakan Sejauh Mana Proses Kasus Lemah Putro Dan Bagaimana Kelanjutannya. H. Idham Kholid SH. MH Mengatakan Bahwa, Kasus Lemah Putro Sudah Kami Proses Sesuai SOP Dan Ditemukan Adanya Pelanggaran Hukum Administrasi. 

Pada Tanggal 30 Juni 2020 Kami Melayangkan Surat Dengan Noreg : B – 3598 Kepada Dinas Inspektorat Kab. Sidoarjo Terkait Adanya Ketidak Sesuaian Pertanggung Jawaban Dana APBN 2019 Kementerian PUPR Pada Program Kotaku Di Kel. Lemah Putro. Idham Menambahkan, Untuk Selanjutnya Pihak Inspektorat Yang Berkewenangan Untuk Menindak Lanjuti Surat Dari Kami.

Baca Juga :  PJ. Bupati Hudiyono Berikan Dukungan, Wahid Juara 3 KDI

Solikhin, Mantan Camat Candi, Salah Satu Team Audit Inspektorat Kab. Sidoarjo, Via Telepon Selular Mengatakan Kepada Awak RJ Bahwa, Kami Sudah Menerima Surat Pelaporan Terkait Ketidak Sesuaian Pertanggung Jawaban Dana APBN 2019 Kementerian PUPR Pada Program Kotaku. Surat Tersebut Kemudian Kami Bawa Ke BPKP Provinsi Sebab Kewenangan Audit Dana APBN Adalah BPKP.

M Salah Seorang Warga Lemah Putro Mengatakan Kepada RPN dan rekan TIM Bahwa, Pembangunan Program Kotaku Khususnya Di Wilayah Kel. Lemah Putro Sangat Memprihatinkan. Dana APBN Sebesar Rp. 2 M Di Kerjakan Asal – Asalan.

Warga Bisa Menilai Dari Material Yang Dibeli Sampai Pengerjaannya. Hal ini Patut Untuk Di Telusuri, Seperti U-Dithc + Cover Dan Paving Yang Didatangkan Oleh Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Dan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Lemah Putro. Selain Itu Tekhnik Pengerjaannya Tidak Sesuai Dengan Gambar Perencanaan. Banyak Material Yang Dimanipulasi Oleh Pelaksana Seperti Pasir, Sirtu dan Koral.

Bukan Saya Saja Yang Merasa Kecewa Tetapi Mayoritas Warga Akhirnya Muncul Indikasi Adanya Penyimpangan Pengelolaan Dana APBN Dan Dugaan Adanya Konspirasi Dan Manipulasi Birokrasi Pada Pembangunan Drainase Lemah Putro.

(M) “Juga mengatakan Pada Bulan Januari 2020 Surat Laporan Pengaduan (Lapdu) Yang Pertama Masuk Ke Kejari Sidoarjo Dan Kedua Pada Bulan Juni 2020. Seharusnya Aparat Penegak Hukum (APH) Cepat Tanggap Dengan Adanya Lapdu Tersebut Dengan Melihat Hasil Pekerjaan Program Kotaku Di Kel. Lemah Putro.

Jika Perlu Kejaksaan, Inspektorat Dan BPKP Bersama Sama Turun Ke Lokasi Untuk Melakukan Audit Ulang Dan Cek Fisik Terhadap Material Seperti U-Ditch, Paving Dan Beberapa Material Yang Seharusnya Dibelanjakan Guna Memenuhi Standarisasi Konstruksi Sesuai Gambar Perncanaan Dan RAB. Sebab Ada Beberapa Material Yang Tidak Dibelanjakan Oleh KSM Dan BKM.

Baca Juga :  HOAX ! Kapolresta Mojokerto Klarifikasi Pesan Berantai terkait Antigen dan Darah serta Denda

RDS

 80 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of