Jepara,RPN – Pemerintah baru saja mengesahkan Undang-undang (UU) Omnibus Law atau UU Cipta Kerja, pada Senin (5/10/2020) Minggu lalu. Keputusan tersebut pun mengundang penolakan dari buruh hingga mahasiswa. Jumat, 9/10/2020.

Imbasnya hari, Jumat 9 Oktober 2020 terjadi demonstrasi di beberapa tempat, termasuk di halaman depan Gedung Taman Sari atau Gedung DPRD Kabupaten Jepara, berlangsung aksi damai oleh anggota PMII (PERGERAKAN MAHASISWA ISLAM INDONESIA) Jepara, menuntut pengembalian UU Cipta Karya sebelumnya.

Peserta menyuarakan aspirasi dengan menolak skema Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) yang dihapus batas waktunya. Hal ini membuat buruh bisa saja dikontrak seumur hidup tanpa menjadi karyawan tetap.

“Kami mewakili suara buruh untuk menolak PKWT seumur hidup dan kembali ke UU Ketenagakerjaan 13/2003 Pasal 59 huruf b. pekerjaan yang diperkirakan penyelesaiannya dalam waktu yang tidak terlalu lama dan paling lama 3 (tiga) tahun dan Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor KEP-100/MEN/VI/2004 Tahun 2004,” Ujar Asep Koordinator Peserta demonstrasi yang berlangsung damai dan anti kekerasan.

Dalam demo mereka memakai atribut kampus dan sambil duduk di halaman depan Gedung DPRD, dengan diawasi dan dikawal oleh aparat keamanan. Nampak Jajaran wakil rakyat di DPRD antara lain plt. Ketua DPRD Kabupaten Jepara Drs. Junarso, Wakil Ketua DPRD H.Pratikno dari Fraksi Partai NASDEM dan KH. Nurudin Amin, S.Ag. dari Fraksi Partai PKB dan beberapa anggota Dewan lainnya.

Salah satu pasal yang dituntut dan disuarakan adalah pasal krusial yang juga kontroversial dalam Omnibus Law Cipta Kerja adalah dihapuskannya Pasal 59 dalam UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Di pasal tersebut, UU Ketenagakerjaan melindungi pekerja atau buruh yang bekerja di suatu perusahaan agar bisa diangkat menjadi karyawan tetap setelah bekerja dalam periode maksimal paling lama 2 tahun, dan diperpanjang 1 kali untuk 1 tahun ke depan.

Baca Juga :  Dandim Bersama Kapolres Jepara Cek Posko Covid-19 di Terminal Gedangan, Welahan

DWI-Jepara

 125 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of