Sidoarjo, RPN – Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi ( P3TGAI ) merupakan Program kelanjutan yang sebelumnya pernah dikucurkan dengan Nama Program P4ISDA pada thn 2013 dan salah satu yang sempat terlihat dilapangan yaitu di Desa Jeruk Legi kecamatan Balong Bendo, Sidoarjo.

Program yang berkelanjutan termasuk salah satunya Program yang dicanangkan Pemerintah yaitu Padat Karya , Hippa Desa Jeruk Legi Salah satu yang Ada diwilayah di Kecamatan Balong Bendo pada Akhir September 2020 Kelompok HIPPA Gemah Ripah penerima anggaran dan Mulai melaksanaan Program Pembangunan Berupa Saluran irigasi dengan Nilai anggaran per Kelompok HIPPA sebesar 195 juta.

Diharapkan dengan pelaksanaan program padat karya akan membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat karena pelaksanaan dilapangan menggunakan Swadaya berupa Tenaga Kerja Kelompok Hippa setempat sehingga terjadi pemerataan ekonomi ke pedesaan sekaligus untuk mengatasi kesenjangan. Dengan berfokus kepada program Padat Karya Tunai (PKT) Pemerintah memberikan porsi yang lebih besar bagi masyarakat untuk terlibat aktif dalam pekerjaan pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur.

Sukarman mengatakan, proyek tersebut untuk meningkatkan kinerja irigasi termasuk pemberdayaan masyarakat dan dalam pelaksanaannya melibatkan langsung P3A. “Pelaksana kegiatan P3-TGAI didampingi oleh Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM) dengan tenaga kerja 20 orang ,” ujarnya.

Ucapan terima kasih dari Ketua HIPPA, Sukarman atas Dukungan pemerintah yang diberikan pada Kelompok HIPPA setempat sehingga diharapkan Pasokan Air yang dibutuhkan Warga Desa Jeruk Legi terpenuhi sekaligus bisa Meningkatkan Hasil pertanian.

(Pamko)

 118 total views,  1 views today

Baca Juga :  Paguyuban Pamong Desa (PPD) Menyelenggarakan Musyawarah Daerah

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of