Semarang,RPN – Pelaksanaan TMMD Reguler ke-109 Kodim Kendal di Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah sudah memasuki minggu ke tiga. Satu per satu sasaran fisik Satgas tersebut sudah mulai terlihat hasilnya. Mulai dari rabat beton jalan desa Kankung sepanjang 1.550 meter lebar 3 meter, pembangunan gorong-gorong sepanjang 6 meter, pembangunan jamban (MCK) warga, rehab 10 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), termasuk membuat 1 unit pos kamling.

Bahkan TNI bersama warga juga membangun jaringan Penerangan desa yaitu dengan memasang lampu penerangan jalan berjumlah 30 unit. Hal itu dilakukan untuk menerangi jalan antara dusun Kacangan Lor dan Dusun Pening yang selama ini gelap gulita. Penentuan sasaran fisik ini dilakukan secara bersama-sama antara Kodim 0715/Kendal dengan pihak Pemerintah Kabupaten Kendal berdasarkan skala prioritas kebutuhan masyarakat.

Disamping sasaran fisik, juga ada sasaran non fisik berupa penyuluhan-penyuluhan, sosialisasi dan pelatihan.

Tim Satgas TMMD dari Kodim 0715/Kendal dan instansi lainnya bahu membahu bersama masyarakat desa setempat menyelesaikan pengerjaan jalan penghubung. Keberadaan jalan desa ini sangat penting dan dibutuhkan oleh masyarakat untuk mempermudah akses perekonomian warga dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

Program fisik TMMD ini banyak menitikberatkan pada sarana dan fasilitas umum berupa pembukaan jalan kantong produksi, pembuatan saluran irigasi, perbaikan jembatan, dan lain sebagainya. Mengingat singkatnya alokasi waktu TMMD seluruh anggota Satgas terus mengejar target pekerjaan. Namun demikian seluruh program yang telah direncanakan tersebut tidak akan bisa terlaksana tanpa ada peran aktif dari masyarakat. Sesuai dengan tujuannya bahwa TMMD ini merupakan wujud kemanunggalan TNI dengan masyarakat.

Kapendam IV/Diponegoro Kolonel Kav Susanto, S.I.P., M.A.P. Jum’at, 9/10/2020 mengungkapkan bahwa dimanapun tempat dilaksanakannya TMMD, di situ warga selalu menyambut positif dan mendukung penuh seluruh program yang dibuat.

Baca Juga :  Wakili Dandim 0716/Demak, Danramil 01/Demak Kapten Inf Etok Suristiyono Hadiri Harlah PCNU Kabupten Demak Ke 97

“Sambutan yang baik dari seluruh warga masyarakat di manapun TMMD digelar tentu sangat membantu para prajurit dalam menyelesaikan semua sasaran baik fisik maupun non fisik. Bahkan warga masyarakat dengan sukarela melibatkan diri” ungkap Kapendam.

Dengan sinergi dari seluruh komponen bangsa tersebut diharapkan rasa cinta tanah air, nasionalisme dan patriotisme warga masyarakat bisa terus ditingkatkan. Pada akhirnya muara dari seluruh program tersebut adalah terwujudnya masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera berlandaskan Pancasila.

Adi

 13 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of