Demak,RPN – Danramil 13/Karangawen Kodim 0716/Demak yang diwakili Babinsa Serda Ahmad Jumadi menghadiri Musyawarah Desa (Musdes) untuk menetapkan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2020 dan penyusunan Daftar Usulan Rencana Kerja Pemerintah Desa (DURKPDes) 2021 Desa Sidorejo, Kecamatan Karangawen, Rabu (30/09/2020).

Acara yang digelar di Gedung Olahraga (GOR) Desa Sidorejo ini dihadiri Camat Sugeng Pujiono, Plh Kasi Trantib kecamatan Abdul Kalim, Kepala desa Warnoto bersama perangkat, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, Ketua BPD Karyono, LPMD, Bidan desa dan tokoh masyarakat.

Musdes kali ini membahas persoalan terkait perencanaan program tahun 2020 dan daftar usulan perencanaan program tahun 2021. Pembahasan menekankan prioritas program pembangunan desa, penanggulangan kemiskinan dan kesehatan.

Sugeng Pujiono menjelaskan, hasil Musdes yang telah disepakati oleh peserta musyawarah agar segera dilaporkan kepada Pemerintah Kecamatan Karangawen, sebagai dasar penyusunan RKPDes.

“Untuk hasil Musdes segera dilaporkan ke kecamatan, dengan selalu dikawal dari berbagai unsur mulai dari Pemerintah Desa, Lembaga Desa, BPD, dan tokoh masyarakat” jelasnya.

Ia meminta agar masyarakat turut berpartisipasi dalam mengawal penyusunan dan pelaksanaan program hasil musyawarah, agar program-program yang dijalankan sesuai dengan harapan masyarakat.

Sementara Serda Ahmad Jumadi mengharapkan, Penyusunan RKPDes tidak dilakukan secara sepihak, melainkan dengan mengikutsertakan masyarakat desa, sehingga program yang ada sejalan dengan keinginan dan kebutuhan warga masyarakat.

“Hal ini sudah ditegaskan dalam pasal 30 yang menyebut dalam penyusunan RKPDes dengan mengikutsertakan masyarakat desa, serta Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 114 tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa,” ujarnya.

Selain itu, Ahmad Jumadi juga mengingatkan agar dalam setiap pelaksanaan kegiatan selalu mematuhi protocol kesehatan. Mulai dari menyediakan tempat cuci tangan dengan sabun, wajib menggunakan masker, dan memberi jarak aman antar peserta musyawarah.

Baca Juga :  Petugas Gabungan Gelar Operasi Yustisi Tes Antigen di Demak

Adi

 21 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of