Pasuruan,RPN – Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) adalah salah satu kegiatan dari Program Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM). Kendati demikian, maksud dan pelaksanaannya untuk menumbuhkan partisipasi masyarakat Petani Pemakai Air (P3A) dalam kegiatan perbaikan dan rehabilitasi.

Anggarannya melalui APBN sebesar Rp 195 juta Tahun anggaran 2020.Diantaranya, kegiatan pekerjaan di Desa Sumber Banteng Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur , yang
dilaksanakan oleh Hippa Tani Joyo tepatnya di dusun Taman.

Abd Rohim, Kepala Desa Sumber Banteng selaku Penanggung Jawab Pelaksana P3-TGAI, mengatakan, Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi merupakan salah satu kegiatan dari Program Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM) Dan yang lebih ditonjolkan pada pengerjaan secara swakelola dengan pengerjaan Padat Karya yang memberdayakan warga sebagai pekerja dilapangan.

“Terwujudnya pembangunan irigasi berbasis masyarakat berlandaskan gotong royong dengan memperhatikan dan mempertimbangkan masalah dan tantangan yang dihadapi dalam pembangunan pertanian, terwujudnya kedaulatan pangan petani,” jelasnya.

Manfaatnya untuk masyarakat di pedesaan cukup besar. Karena dapat menambah penghasilan dari hasil pertanian dimasyarakat sehingga diharapkan daya beli masyarakat juga semakin meningkat.

Menurutnya dengan anggaran sebesar Rp 195 Juta tujuannya adalah untuk peningkatan dan pemeliharaan saluran irigasi untuk melakukan rehabilitasi jaringan irigasi ataupun peningkatan jaringan irigasi.

“ Saya hanya sebagai Penanggung jawab Dalam pelaksanaan Program ini semua teknis diserahkan pada Hippa sebagai penyeimbang jugs melibatkan Bpd Desa ,” kata Abd Rohim.

Kepala Desa Sumber Banteng, Abd Rohim berterimakasih kepada BBWS Brantas dengan adanya program P3TGAI sehingga Diharapkan Petani Desa Sumber Banteng lebih bersemangat dalam mengelola pertaniannya. (Pamko)

 40 total views,  1 views today

Baca Juga :  Dibuka Pelatihan Gada Utama PT. Nawakara Perkasa Nusantara dan BALUR JALBAR TNI AL

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of