Kediri,RPN – Patung Arca yang di temukan warga desa pagu kecamatan wates kabupaten kediri ini sudah dalam kondisi tidak utuh lagi, karena tangan dan kepalanya sudah tidak ada.

Benda purbakala ini ada dua macam yang di temukan warga yaitu Arca dan Yoni.

Pemerintah desa pagu yang di temui di kantor balai desa membenarkan hasil temuan warga tersebut,dan pihaknya akan berkoordinasi dengan petugas yang berwenang dalam hal ini.

Informasi yang di peroleh media RPN di lapangan bahwa warga desa pagu sering kali menemukan beberapa benda ketika melakukan aktifitasnya di kebun/ketika membangun rumah ketika menggali tanah untuk pondasi, temuan itu seperti pecahan tembikar, genting,kamuncak, batu gilang, pecahan gerabah serta umpak.

Di pagu sendiri memang seringkali banyak di temukan peninggalan peninggalan bekas kerajaan kerajaan, entah kerajaan kediri atau majapahit.

Sebagian barang barang temuan warga itu tersimpan di kantor balai desa dan sebagian masih di tempat asal di temukannya benda benda itu.

Adalah Sutomo warga desa pagu kecamatan wates ketika sedang menggali tanah untuk membuat pondasi dapur,ketika di kedalaman skitar 2 meter cangkulnya membentur benda keras seperti batu kali.sutomo mencoba mengangkat batu tersebut tetapi sepertinya agak besar dan berat,setelah beberapa saat setelah berusah mengangkat dan membersihka sisi sisi batu tersebut alangkah terkejutnya Sutomo setelah mengetahui bahwa batu yang di cobanya untuk di angkat itu ternyata adalah sebuah patung/Arca tanpa kepala.

“Selain patung/Arca tersebut Sutomo juga menemukan struktus batu bata kuno serta pecahan gerabah.” ujar Sutomo 21/9/2020.

Sementara di areal persawahan yang tidak jauh dari rumahnya juga banyak di temukan batu andesit berbentuk kotak panjang juga batu bintang,benda benda tersebut kini di amankan di kantor desa dan sebagian masih terkubur di tanah.

Baca Juga :  Demo Penolakan UU Omnibus Law di Depan Gedung DPRD Kota Kediri Sempat terjadi Insiden Saling Dorong

Sampai berita ini di turunkan masih belum ada pihak pihak terkait untuk meneliti benda benda serta dugaan adanya bangunan/struktur yang di percayai masyarakat sekitar tentang adanya bangunan atau apapun itu bentuknya,karena dugaan ini di perkuat dengan adanya atau seringnya warga masyarakat di desa ini menemukan benda benda bersejarah ini.

Frans

 100 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of