SUMENEP, RPN – Pemkab Sumenep melalui Dinas pemberdayaan msyarakat dan Desa ( DPMD ) Sumenep, Gandeng Universitas Bahaudin Mudhary (Uniba ) Madura menggelar pelatihan kepada aparatur Desa se Kabupaten Sumenep, Demi meningkatkan kapasitas pengelolaan pengaduan ditingkat desa,

Acara Pelatihan tersebut berlangsung di Hotel D’Bagraf sejak tanggal 21 september 2020 kemarin hingga 27 oktober 2020 dihadiri langsung Bupati Sumenep,Dr. KH. A Busyro Karim, M.Si Dalam pembukaannya Senin kemarin, dan segenap forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Sumenep.

Kepala Dinas Pemberdayaan dan Desa Moh. Ramli menjelaskan, Kami pemkab adalah memfasilitasi katakanlah ibaratkan gayung bersambut di pengelolaan keuangan desa ada prioritas penggunaan diantaranya adalah pengembangan unit pengaduan di desa,” jelas Moh Ramli, saat ditemui di D’ Bagraf Hotel selasa (22/09/2020)

“Maka pihak Uniba yang ada MoU dengan kementerian desa selaku lembaga kajian desa yang ditunjuk sebagai lembaga kajian desa itu memberikan penawaran untuk melaksanakan kegiatan ini,” terang Ramli biasa disapa.

Sehingga lanjut Ramli, maka desa serta merta mengikuti kegiatan ini. Menurutnya dalam pelaksanaan pelatihan tersebut sebagai narasumber dengan melibatkan beberapa pihak terkait yang representative.

“Utamanya itu dari unsur fopimda selaku pimpinan. Juga lembaga-lembaga teknis yang kaitannya dengan keterbukaan informasi publik,” ucap Kepala DPMD Kabupaten Sumenep itu.

Jadi sambung Ramli, mulai dari Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Sumenep dan Komisi Informasi (KI) beserta juga dari BPK dan Bagian Hukum.

Kepala DPMD Kabupaten Sumenep itu juga berharap melalui kegiatan tersebut ada peningkatan kapasitas kemampuan dari penyelenggara pemerintahan desa di kabupaten yang berlambang kuda terbang.

“Kepala desa dan BPD terutama di dalam mengelola informasi kemudian menindaklanjuti aspirasi yang tidak kalah pentingnya muaranya dalam rangka pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan di desa,” jelas Ramli.(Dy Zain)

 45 total views,  1 views today

Baca Juga :  Kemanusiaan dan Surat Terbuka Untuk Presiden Indonesia

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of