Jombang, RPN — Desa Gabusbanaran gelar Tasyakuran sedekah Bumi/Desa sudah menjadi tradisi turun-temurun setiap tahun di bulan Surao hitungan jawa yang sudah dilaksanakan oleh warga masyarakat Desa Gabusbanaran, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang yang berlangsung di Balai Desa Gabusbanaran Selasa (15/9/2020).

Sedekah Bumi/Desa merupakan bentuk rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa, atas semua karunianya yang diberikan kepada warga.
Meski masih dalam masa pandemi Covid-19, sejumlah Desa di Kabupaten Jombang tetap menggelar kegiatan sedekah Bumi/Desa Namun, kegiatan hanya digelar secara sederhana dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Salah satunya yaitu di Desa Gabusbanaran Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang tetap melangsungkan acara sedekah Bumi/Desa sesuai protokol kesehatan. Kegiatan sedekah tersebut hadir semua warga masyarakat Desa Gabusbanaran, Kepala Desa beserta perangkatnya, Camat didampingi Sekcam Kecamatan Tembelang, Kapolsek didampingi Wakapolsek dan Babinkamtibmas Polsek Tembelang Polres Jombang serta Dan Ramil didampingi Babinsa Desa Gabusbanaran.

Kepala Gabusbanaran Drs.Supardi dalam keterangannya mengatakan, pelaksanaan sedekah Bumi/Desa kali ini sangat berbeda dengan pelaksanaan tahun sebelumnya. Ini disebabkan karena masih dalam suasana pandemik Covid-19.
Drs.Supardi menambahkan bahwa, acara sedekah Bumi/Desa yang dilaksanakan merupakan bentuk rasa syukur atas hasil bumi yang melimpah.

“Acara sedekah Bumi/Desa ini sudah merupakan tradisi tahunan setiap 27 Surao hitungan jawa dan juga sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sekaligus sebagai doa permohonan warga masyarakat Desa Gabusbanaran umumnya diberikan Keselamatan, Kesehatan, Rizki yang melimpah, dan warga masyarakat bisa hidup guyub rukun serta dijauhkan dari bala atau wabah pandemik Covid –19 yang sedang melanda seperti sekarang ini yang nantinya ditutup dengan Do’a betsama,” terangnya.

Camat Tembelang Muctar,SIP.MSi, menyampaikan terimakasih kepada warga masyarakat Desa Gabusbanran bisa guyub rukun melaksanakan Tasyakuran sedekah Bumi/Desa yang jatuh pada hari ini Selasa tepat 27 sauro, mudah mudahan dengan selesainya acara Tasyakuran ini warga masyarakat Desa Gabusbanaran hidup guyub rukun, diberikan keselamatan, kesehatan, rezki yang melimpah dan dijauhkan dari wabah Covid –19 serta jaga selalu protokol kesehatan, pungkas Muctar, SIP. MSi.

Baca Juga :  Tangis Bahagia Mbah Warsipan Rumahnya Telah Selesai di Renovasi Anggota Kodim 0716/Demak

(seco)

 41 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of