Jombang,RPN – Wakil Bupati Jombang Sumrambah SP. menyerahkan Sertifikat Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Warga Desa Penggaron Kecamatan Mojowarno. Dihadiri Kepala BPN, Forpimcam, Babinsa, Kepala Seksi Penataan Pertanahan, Kepala Desa dan Warga yang menerima Sertifikat. Bertempat di Balai Desa Penggaron Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang. Selasa (18/8/2020).

Wakil Bupati Jombang Sumrambah menyampaikan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) merupakan program Presiden Joko Widodo untuk mempercepat pembuatan sertifikat tanah bagi warga karena banyak masyarakat di berbagai daerah di Indonesia yang belum memiliki sertifikat atas tanahnya.

“Semuanya mengeluhkan (masalah) sengketa tanah, sengketa lahan, konflik lahan, ada di mana-ana. Kenapa itu terjadi, karena masyarakat tidak punya bukti (atas) hak ukur yang namanya sertifikat,” ujarnya.

Lanjut Sumrambah, sengketa lahan yang terjadi di masyarakat pun bermacam-macam. Ada yang terjadi antar tetangga, dengan keluarga sendiri, bahkan antara warga dan perusahaan. Selain itu, Sumrambah juga mengingatkan warga yang ingin menggadaikan sertifikat tanahnya ke Bank.

“Saya berharap warga mempertimbangkan dengan matang untuk apa uang yang dipinjam dengan jaminan sertifikat. Hati-hati, dikalkulasi terlebih dahulu kegunaannya, jangan tergesa-tergesa. Gunakan uang pinjaman di Bank. Gunakan modal usaha dan modal kerja dan mulai sekarang jangan ada masalah lagi terkait kepemilikan tanah. Jangan sampai nanti terjerumus kepada bank thitil atau bank clurut,” harapnya.

Seco

 38 total views,  1 views today

Baca Juga :  Pantau Posko Siaga Covid - 19 Wabup Sumrambah Berkunjung ke Desa Jombok Ngoro

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of